Korut Uji Rudal Hipersonik, Seteru dengan Korsel Memanas

Senin, 15 Januari 2024 - 08:17 WIB
loading...
Korut Uji Rudal Hipersonik, Seteru dengan Korsel Memanas
Korea Utara menguji coba rudal hipersonik pada Minggu (14/1/2024) ketika perseteruan dengan Korea Selatan kembali memanas. Foto/KCNA via REUTERS
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) telah menguji tembak coba rudal jarak menengah pada Minggu ketika perseteruan dengan Korea Selatan (Korsel) kembali memanas.

Media pemerintah Pyongyang, KCNA, pada Senin (15/1/2024) melaporkan bahwa senjata yang diuji coba adalah rudal hipersonik berbahan bakar padat.

Laporan itu mengatakan bahwa uji rudal hipersonik tersebut tidak menimbulkan ancaman keamanan bagi negara-negara tetangga.

Uji coba itu, lanjut laporan KCNA, bertujuan untuk menguji keandalan mesin bahan bakar padat multi-tahap baru dengan daya dorong tinggi dan hulu ledak terkontrol bermanuver hipersonik jarak menengah.



Uji coba senjata tersebut terjadi pada hari yang sama ketika delegasi yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Choe Son Hui menuju Rusia meninggalkan Pyongyang.

Perseteruan dua Korea ini telah memanas menyusul serangkaian uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) dan peluncuran satelit mata-mata militer pertama Pyongyang.

Itu juga terjadi ketika Pyongyang dan Moskow memperdalam hubungan, yang telah mengkhawatirkan Washington dan Seoul.

Dalam laporan terpisah, KCNA pada hari Senin melaporkan Korea Utara menganggap Korea Selatan-lah yang telah meningkatkan ketegangan di Semenanjung Korea melalui latihan militer dan seruan penguatan persenjataan oleh para pejabat Seoul.

“Bahkan percikan kecil pun dapat menjadi katalisator konflik fisik yang sangat besar antara dua negara yang paling bermusuhan,” tulis KCNA, yang dikutip Reuters.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)