AS Ucapkan Selamat pada William Lai, Tapi Tak Dukung Kemerdekaan Taiwan

Minggu, 14 Januari 2024 - 11:04 WIB
loading...
AS Ucapkan Selamat pada William Lai, Tapi Tak Dukung Kemerdekaan Taiwan
Amerika Serikat mengucapkan selamat kepada William Lai atas kemenangannya dalam pemilu Taiwan. Namun, Amerika tidak mendukung kemerdekaan Taiwan. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengucapkan selamat kepada William Lai Ching-te, calon presiden (capres) pro-kemerdekaan, atas kemenangannya dalam pemilihan umum (pemilu) Taiwan. Namun, Amerika tidak mendukung kemerdekaan pulau tersebut.

Ucapan selamat dari Washington disampaikan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken."Dan Amerika Serikat berkomitmen untuk menjaga perdamaian dan stabilitas lintas selat, serta penyelesaian perbedaan secara damai, bebas dari paksaan dan tekanan," katanya, seperti dikutip Reuters, Minggu (14/1/2024).

Dia mengatakan AS berharap dapat bekerja sama dengan Lai dan para pemimpin semua partai di Taiwan untuk memajukan hubungan tidak resmi yang telah lama terjalin. "Konsisten dengan kebijakan 'Satu China' AS," ujar Blinken.



Presiden AS Joe Biden menegaskan bahwa Amerika Serikat tidak mendukung kemerdekaan Taiwan.

“Kami tidak mendukung kemerdekaan,” kata Biden ketika ditanya reaksinya terhadap pemilu Taiwan pada hari Sabtu.

Beberapa jam menjelang pembukaan pemilu, Washington telah memperingatkan bahwa "tidak dapat diterima" jika negara mana pun ikut campur dalam pemilu tersebut.

Amerika Serikat adalah pendukung dan pemasok senjata internasional terpenting bagi Taiwan, meskipun tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan pulau tersebut.

Biden telah berupaya memperlancar hubungan dengan China, termasuk setuju untuk membicarakan perbedaan pendapat mengenai masalah keamanan pada pertemuan puncak di California dengan Presiden Xi Jinping pada bulan November.

Komisi Pemilihan Umum Pusat Taiwan telah mengumumkan bahwa Lai resmi memenangkan pemilu yang digelar hari Sabtu setelah seluruh surat suara dari semua tempat pemungutan suara (TPS) dihitung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)