Siapakah William Lai? Presiden Taiwan Terpilih yang Dibenci China

Sabtu, 13 Januari 2024 - 22:22 WIB
loading...
Siapakah William Lai? Presiden Taiwan Terpilih yang Dibenci China
William Lai memenangkan pemilu presiden di Taiwan. Foto/Reuters
A A A
TAIPEI - Kandidat dari partai berkuasa, Lai Ching-te atau dikenal sengan William Lai, yang dicap sebagai “penghasut perang” oleh China memenangkan pemilihan presiden . Bagi masyarakat Taiwan, Lai telah muncul sebagai sosok yang menyelamatkan demokrasi di Taiwan . negara yang menghadapi ketegangan dengan Beijing.

Hasil pemilu Taiwan kemungkinan besar akan menentukan hubungan antara Taiwan dan China selama empat tahun ke depan.

Siapakah William Lai? Presiden Taiwan Terpilih yang Dibenci China

1. Anti-China

Siapakah William Lai? Presiden Taiwan Terpilih yang Dibenci China

Foto/Reuters

William Lai Ching-te dari Partai Demokrat Progresif melakukan pemilu melawan dua lawannya, yaitu Hou dari KMT dan mantan Walikota Taipei Ko Wen-je dari Partai Rakyat Taiwan yang kecil. Ia dikenal karena sikapnya yang pro-demokrasi dan penentangannya yang kuat terhadap China.

2. Mengusung Identitas Taiwan

Partai Lai, Partai Progresif Demokratik, secara terbuka menolak klaim teritorial China dan selalu menganjurkan identitas Taiwan yang terpisah.

Namun, selama kampanye pemilihan presiden, Lai selalu menegaskan bahwa dirinya tidak berniat mendeklarasikan kemerdekaan, lapor The Washington Post. Dia juga mengatakan bahwa Taiwan sudah berdaulat dengan nama resminya, Republik China, dan tidak ada persyaratan untuk meresmikan pemisahan Taiwan dari China.

3. Meningkatkan Kerja Sama dengan AS

Siapakah William Lai? Presiden Taiwan Terpilih yang Dibenci China

Foto/Reuters

Selama pemilu, Lai, yang dikenal sebagai WIlliam, berjanji untuk bekerja sama dengan Amerika untuk memperkuat pertahanan Taiwan pada saat meningkatnya pelecehan militer China terhadap negara kepulauan tersebut.

5. Siap Memperjuangkan Kemerdekaan Taiwan


Sebelum kemenangannya dalam pemilihan presiden yang diadakan baru-baru ini, Lai, adalah wakil presiden Taiwan sejak tahun 2020.

Pada tahun 2017, ia menggambarkan dirinya sebagai “pekerja pragmatis untuk kemerdekaan Taiwan" dan lebih memilih untuk memperkuat hubungan tidak hanya dengan Amerika tetapi juga dengan negara-negara liberal lainnya. Namun, seiring berjalannya waktu, ia menjauhkan diri dari sikap tegasnya terhadap china.

6. Disebut China sebagai Separatis Berbahaya

Siapakah William Lai? Presiden Taiwan Terpilih yang Dibenci China

Foto/Reuters

Bagi China, William adalah seorang separatis dan membahayakan hubungannya dengan Taiwan. Beijing telah berulang kali mengecam William Lai sebagai “separatis berbahaya”. Rekor masa jabatan ketiga berturut-turut Partai Progresif Demokratik akan memberikan pukulan telak bagi Beijing, yang telah memperingatkan bahwa terpilihnya Lai dapat memicu konflik.

China menganggap Taiwan sebagai negara yang memisahkan diri. provinsi yang telah mereka janjikan untuk direbut kembali suatu hari nanti, dan Presiden AS Joe Biden telah berjanji untuk mempertahankan pulau itu dalam invasi apa pun.

7. Dikenal sebagai Dokter yang Baik Hati

Siapakah William Lai? Presiden Taiwan Terpilih yang Dibenci China

Foto/Reuters

Lai Ching-te lahir pada tahun 1959 di Distrik Wanli Kota New Taipei. Putra seorang penambang batu bara, asuhan dan pelatihan medisnya dalam logika empiris telah memberinya kemampuan untuk memahami dan mengidentifikasi keinginan populer dan menemukan solusi yang dibuat khusus, fondasi gaya pemerintahan unik yang menginspirasi kepercayaan publik.

Setelah menerima gelar B.S. dari Departemen Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Universitas Nasional Taiwan, Dr. Lai menyelesaikan Program Pasca Sarjana Ilmu Kedokteran di Universitas Nasional Cheng Kung. Dia kemudian memperoleh gelar Magister Kesehatan Masyarakat dari Universitas Harvard, menjadikannya salah satu dari sedikit dokter di Taiwan dengan keahlian rehabilitasi, perawatan klinis, dan kesehatan masyarakat.

Pada tahun 1994 ketika dia menjadi kepala residen di Rumah Sakit Universitas Nasional Cheng Kung dan Taiwan mengadakan pemilihan langsung pertama untuk gubernur provinsi Taiwan, Dr. Lai memulai keterlibatannya dalam urusan publik sebagai kepala asosiasi dokter Tainan yang mendukung Chen Ting-nan, calon gubernur dari Partai Progresif Demokratik (DPP).

8. Melepas Karier Doktor demi Menegakkan Demokrasi

Selama Krisis Selat Taiwan 1996, Lai memutuskan untuk meniru para pendahulunya dalam mengejar demokrasi dan melepaskan karir medisnya untuk memasuki dunia politik. Dalam pemilihan perwakilan Majelis Nasional tahun itu, dia adalah pengambil suara terbanyak dari Kota Tainan, dan dia menjalankan misi bersejarah untuk menghapuskan Majelis Nasional.

Pada tahun 1998, Lai terpilih menjadi Legislatif Yuan mewakili Kota Tainan. Memanfaatkan keahlian medisnya, dia memainkan peran dinamis dalam Komite Kesejahteraan Sosial dan Kebersihan Lingkungan sambil menangani lebih dari 100.000 masalah lokal. Lai memberikan penekanan yang sama pada pemerintahan yang profesional dan pelayanan yang solid, dan warga Tainan menunjukkan penghargaan mereka dengan memilihnya menjadi anggota legislatif selama empat periode berturut-turut (1999-2010).

Pada tahun 2010, Kabupaten Tainan dan Kota Tainan digabungkan untuk membentuk Kota Khusus Tainan. Lai terpilih sebagai walikota pertama, membangun reputasi pemerintahan yang jujur, rajin, dan efisien yang kemudian dikenal sebagai Kesepakatan Baru Tainan. Mencalonkan diri untuk pemilihan ulang pada tahun 2014, Lai mengumpulkan 72,9% suara, persentase tertinggi dalam sejarah Tainan, dan tertinggi untuk kepala kabupaten atau kota mana pun sejak pencabutan darurat militer pada tahun 1987.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0935 seconds (0.1#10.140)