Kekuatan Militer Ekuador, Negara dengan Tingkat Kekerasan Tinggi

Jum'at, 12 Januari 2024 - 14:43 WIB
loading...
Kekuatan Militer Ekuador, Negara dengan Tingkat Kekerasan Tinggi
Militer Ekuador memiliki Angkatan Udara yang lemah karena tanpa jet tempur dan helikopter serang. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Kekuatan militer Ekuador akan diulas dalam artikel ini. Negara di Amerika Latin ini tengah jadi sorotan dunia karena tingginya tingkat kekerasan yang dilakukan oleh geng-geng bersenjata.

Dilansir dari Reuters, jumlah kematian akibat kekerasan meningkat menjadi 8.008 pada tahun 2023, kata pemerintah, hampir dua kali lipat angka pada tahun 2022.

Bahkan kasus kekerasan yang dilakukan oleh sejumlah geng ini telah merambat hingga adanya korban tewas dari kalangan politikus dan pasukan keamanan.



Karena itulah pemerintah Ekuador telah menggembar-gemborkan “Rencana Phoenix” untuk keamanan, yang mencakup pembentukan unit intelijen baru, senjata taktis untuk pasukan keamanan, penjara baru dengan keamanan tinggi, dan peningkatan keamanan di pelabuhan serta bandara.

Namun sebelum rencana tersebut terlaksana, simaklah kekuatan militer Ekuador saat ini berdasarkan riset Global Fire Power.

Kekuatan Militer Ekuador

1. Total Personel Militer

Menurut pemeringkatan oleh Global Fire Power, kekuatan militer Ekuador menempati urutan 72 dari 145 negara. Anggaran militer negara ini lebih dari USD3 miliar.

Total penduduk di Ekuador pada 2023 diperkirakan telah lebih dari 18 juta jiwa. Sementara untuk personel militernya sekitar 160.750 orang, dan hanya 41.250 yang tergolong aktif.

2. Angkatan Darat

Angkatan Darat Ekuador memiliki total 55 tank, lebih dari 5.000 kendaraan lapis baja. Mereka juga memiliki total 155 artileri dan 35 peluncur roket.

3. Angkatan Udara

Angkatan Udara Ekuador terbilang cukup lemah karena tidak memiliki pesawat tempur maupun helikopter serang. Mereka hanya dibekali dengan 8 drone udara.

4. Angkatan Laut

Angkatan Laut Ekuador memiliki 2 fregat, 6 korvet, 5 kapal patroli dan 2 kapal selam, dari total 27 aset kapal yang dimiliki.

Itulah kekuatan militer Ekuador jika ditinjau dari tiga matra di laman Global Fire Power. Kekuatan ini memang tergolong kecil, sehingga membuat kriminalitas cukup merajalela di negara tersebut.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)