PM Prancis Tunjuk Pasangan Gay-nya sebagai Menteri Luar Negeri

Jum'at, 12 Januari 2024 - 08:40 WIB
loading...
A A A
Anggota lain yang masuk dalam kabinet Macron termasuk mantan Menteri Kehakiman Rachida Dati sebagai Menteri Kebudayaan. Sebagai seorang mantan anggota Parlemen dari partai konservatif Les Republicains, dia telah menjalani penyelidikan formal atas tuduhan korupsi sejak tahun 2021, meskipun dia membantah melakukan kesalahan.

Dati dituduh menerima €900.000 untuk melobi Parlemen Eropa dari produsen mobil Renault selama periode tiga tahun saat masih menjabat sebagai anggota Parlemen Eropa.

Surat pengunduran diri Borne menunjukkan bahwa dia tidak mengundurkan diri atas kemauannya sendiri, merujuk pada “keinginan” Macron untuk “menunjuk perdana menteri baru", menurut laporan Associated Press, Jumat (12/1/2024).

Kepergiannya terjadi beberapa minggu setelah Macron meloloskan rancangan undang-undang imigrasi kontroversial yang memperkuat kemampuan pemerintah untuk mendeportasi orang asing.

Setelah kehilangan mayoritas di Parlemen tahun lalu, partainya Macron yang berhaluan tengah terpaksa bersekutu dengan Les Republicains untuk meloloskan undang-undang tersebut, sebuah langkah yang semakin menggeser opini publik terhadap pemerintah yang sudah sangat tidak populer setelah reformasi tahun lalu menaikkan usia pensiun dengan cara yang dianggap tidak demokratis oleh mayoritas pemilih Prancis—sehingga memicu protes selama berminggu-minggu.

Perombakan kabinet yang dilakukan pada hari Kamis telah banyak dilaporkan sebagai upaya presiden untuk menyelamatkan kredibilitas pemerintahannya yang semakin menurun.

Meskipun secara konstitusional, dia dilarang mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga pada tahun 2027.

Pemilu Parlemen Eropa dijadwalkan pada tahun ini, dan Renaissance diperkirakan akan kehilangan beberapa kursi kecuali opini publik beralih ke arah tersebut.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)