Negara Anggota G20 yang Mendukung Palestina, Siapa Saja?

Kamis, 11 Januari 2024 - 19:50 WIB
loading...
A A A
Akhir 2023 lalu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sempat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Pada perjumpaan tersebut, keduanya sepakat untuk terus bekerja sama mendukung perjuangan bangsa Palestina, termasuk dalam hal mewujudkan kemerdekaan penuh.

3. Arab Saudi

Negara Anggota G20 yang Mendukung Palestina, Siapa Saja?

Foto/Reuters

Terlepas dari kebijakan Arab Saudi yang banyak dikatakan mulai terbuka ke dunia barat, mereka tetap menyatakan dukungannya untuk rakyat Palestina. Hal ini pernah disampaikan Mohammed bin Salman kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Oktober 2023 lalu.

Mengutip Saudi Press Agency, MBS menyebut bahwa pihak Arab Saudi mendukung penuh rakyat Palestina dalam mencapai hak-haknya yang sah. Mereka juga berharap agar kedua negara yang bertikai segera mencapai perdamaian yang abadi.


4. Afrika Selatan

Negara Anggota G20 yang Mendukung Palestina, Siapa Saja?

Foto/Reuters

Pemerintah Afrika Selatan memposisikan diri untuk mendukung Palestina. Mengutip laman Anadolu Ajansi, mereka bahkan sempat menarik semua diplomatnya dari Tel Aviv guna berkonsultasi lebih jauh.

Seorang ilmuwan politik dari Universitas Afrika Selatan bernama Lesiba Teffo menyebut bahwa negaranya dan Palestina memiliki hubungan bersejarah selama beberapa dekade. Hal ini mungkin menjadi salah satu alasan bagi mereka untuk tetap mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina.

Kendati begitu, Afrika Selatan juga mengutuk kelompok Hamas yang disebutkan menyerang dan menculik warga sipil Israel. Selain itu, mereka mendukung seruan solusi dua negara untuk mengatasi konflik Palestina-Israel.

Selain keempat negara di atas, sebenarnya masih ada beberapa nama lain yang mendukung Palestina. Namun, dukungannya masih terkesan ragu alias tidak terang-terangan.

Itulah sejumlah negara anggota G20 yang mendukung Palestina.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)