Negara Anggota G20 yang Mendukung Palestina, Siapa Saja?

Kamis, 11 Januari 2024 - 19:50 WIB
loading...
Negara Anggota G20 yang Mendukung Palestina, Siapa Saja?
Banyak negara anggota G20 mendukung Palestina. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Pada isu seputar konflik Palestina -Israel, negara-negara anggota G20 memiliki pandangan dan sikapnya masing-masing. Beberapa di antaranya ada yang terang-terangan mendukung salah satu pihak, sementara terdapat juga anggota lain yang lebih banyak diam sambil melihat perkembangannya.

Terkait G20, forum internasional ini diketahui memiliki anggota yang terdiri atas 19 negara dan 1 organisasi. Jika disebutkan, masing-masing adalah Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, China, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Korea Selatan, Rusia, Prancis, Turki, dan Uni Eropa.

Sepanjang konflik panjang antara Palestina dan Israel, negara-negara anggota G20 bisa dibilang memiliki sikap dukungan yang berbeda-beda. Pada sisi Israel misalnya, mereka mendapat dukungan dari negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan lainnya.

Sementara di sisi Palestina, siapakah di antara negara anggota G20 ini yang mendukung mereka?

Negara Anggota G20 yang Mendukung Palestina

1. Indonesia

Negara Anggota G20 yang Mendukung Palestina, Siapa Saja?

Foto/Reuters

Sejauh ini, bisa dikatakan hanya Indonesia yang secara terang-terangan menyatakan dukungan untuk Palestina. Dari sekian banyak negara di dunia, Indonesia menjadi salah satu pendukung utama perjuangan bangsa Palestina.

Ada banyak alasan yang menjadikan Indonesia mendukung penuh perjuangan Palestina atas pendudukan yang dilakukan Israel. Tak hanya berkaitan dengan statusnya yang menjadi negara berpenduduk mayoritas Muslim, namun juga karena faktor sejarah.

Melihat ke belakang, Indonesia juga memiliki pengalaman perjuangan untuk meraih kebebasan dan kemerdekaan. Waktu itu, Palestina menjadi salah satu negara yang turut memberikan dukungan terhadap kedaulatan Indonesia.

Sampai saat ini, Indonesia masih terus menjadi pendukung Palestina. Tak hanya aktif mencari tambahan dukungan dari dunia internasional, Indonesia juga selalu aktif memberikan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina.

2. Turki

Negara Anggota G20 yang Mendukung Palestina, Siapa Saja?

Foto/Reuters

Berikutnya ada Turki. Kendati berstatus anggota NATO, mereka juga mendukung perjuangan Palestina.

Pada aksi-aksinya, Turki sering menyuarakan dukungan untuk Palestina di meja internasional. Bersama dengan kedudukannya di NATO, mereka juga sesekali bisa menekan negara-negara Barat untuk membantu menghentikan kekerasan yang terjadi di Palestina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0980 seconds (0.1#10.140)