Presiden Macron Tunjuk Politikus 34 Tahun Jadi PM Termuda

Rabu, 10 Januari 2024 - 06:48 WIB
loading...
A A A
Pada pemilu terakhir tahun 2019, partainya unggul tipis dari RN, sehingga kedua kubu mendapatkan jumlah kursi yang sama dan pasukan Macron yang masih muda cukup untuk mempertimbangkan pilihan jabatan-jabatan penting di Uni Eropa.



Jika RN tampil jauh lebih baik dibandingkan partai Macron, hal ini tidak hanya akan menyakitkan secara simbolis, namun juga akan mengurangi pengaruh Macron terhadap kebijakan Uni Eropa, karena kelompok Renew yang dipimpinnya juga akan kehilangan banyak anggota parlemen Spanyol dan Belanda.

Pengaruh Perancis di Eropa telah berkembang di bawah kepemimpinan Macron, dengan kepergian Inggris dan pensiunnya mantan Kanselir Jerman Angela Merkel yang membuka jalan bagi gagasan Perancis yang lebih statis untuk mempengaruhi pembuatan kebijakan Uni Eropa.

Namun pemilu ini terjadi dengan latar belakang peningkatan populis dari Slovakia hingga Belanda, yang menguji kemampuan keluarga Macron di Eropa untuk mempertahankan peran berpengaruh di parlemen.

Beberapa orang berpendapat Macron harus lebih fokus pada masalah di dalam negeri.

“Emmanuel Macron sangat sibuk di panggung internasional, tetapi dia harus kembali ke arena domestik dan mengurus masalah masyarakat seperti pendidikan dan perumahan, yang merupakan bom waktu,” kata Patrick Vignal, anggota parlemen dari partai Macron.

Namun demikian, masih harus dilihat apakah Attal dapat menjabat sebagai perdana menteri sebaik yang dia lakukan dalam peran sebelumnya.

Di luar tujuannya yang sudah lama dicanangkan, yaitu mengembalikan Prancis ke lapangan kerja penuh, Macron mengatakan dalam pidato Tahun Barunya bahwa ia menginginkan “Civic Re-Armament” – sebuah pemulihan otoritas untuk melawan apa yang ia lihat sebagai keruntuhan peradaban dan fragmentasi masyarakat. .

“Dengan disahkannya reformasi utamanya, Macron akan mendorong kebijakan yang lebih bersifat sosial dan atmosferik serta mungkin tidak terlalu memecah belah,” kata Mujtaba Rahman, seorang analis di Eurasia, dalam sebuah catatan. "Mereka akan mencoba menanggapi kekhawatiran masyarakat mengenai demokrasi Perancis, kejahatan dan perilaku anti-sosial."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)