3 Organisasi Sekutu Hizbullah di Timur Tengah, Siapa Saja?

Selasa, 09 Januari 2024 - 15:43 WIB
loading...
3 Organisasi Sekutu Hizbullah di Timur Tengah, Siapa Saja?
Hizbullah Lebanon memiliki tiga sekutu utama di Timur Tengah, yakni Hamas, Houthi Yaman, dan Jihad Islam Palestina. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Hizbullah merupakan sebuah organisasi politik dan milisi yang berbasis di Lebanon. Ia muncul di tengah perang saudara yang terjadi di Lebanon sekitar 1970-an.

Kelompok tersebut mengadopsi nama Hizbullah yang berarti “Partai Tuhan”. Sejak pembentukannya, mereka juga telah menjadikan Israel sebagai musuh utamanya.

Hizbullah sudah terlibat dalam berbagai konflik. Tak hanya di Lebanon, mereka juga sering muncul dan melibatkan diri pada konflik di negara lain.

Terlepas dari statusnya, Hizbullah diketahui memiliki sejumlah sekutu, termasuk kelompok-kelompok yang mendeklarasikan diri sebagai pejuang Muslim di dunia.

Organisasi Sekutu Hizbullah

1. Hamas


Hubungan Hamas dan Hizbullah sebenarnya telah beberapa kali mengalami pasang-surut. Terakhir kali, mereka sempat berselisih terkait dukungannya pada perang saudara di Suriah.

Mengutip Al Jazeera, Selasa (9/1/2024), perwakilan pimpinan Hamas meninggalkan Damaskus pada 2012 menyusul protes atas tindakan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Seiring waktu, hubungan antara Hizbullah dan Hamas kembali membaik. Pada 2017, Hamas mulai mengirim kembali para wakilnya ke Lebanon.

Terlepas dari perbedaan pandangan di antara Hamas dan Hizbullah, keduanya memiliki alasan yang membuat mereka tetap terhubung. Itu tak lain berkaitan dengan prinsip utamanya, yang menganggap Israel sebagai musuh utama.

2. Houthi


Hizbullah disebut sebagai sekutu dekat Houthi terkait hubungannya dengan Iran. Keberadaannya telah memainkan peran sebagai mentor untuk pelatihan militer dan sejenisnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0846 seconds (0.1#10.140)