Menteri Luar Negeri Italia Serukan Pembentukan Tentara Uni Eropa

Minggu, 07 Januari 2024 - 20:45 WIB
loading...
Menteri Luar Negeri Italia Serukan Pembentukan Tentara Uni Eropa
Tentara Uni Eropa diperlukan untuk mencegah konflik. Foto/Reuters
A A A
ROMA - Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani menyerukan Uni Eropa (UE) harus membentuk pasukan gabungannya sendiri yang dapat berperan dalam menjaga perdamaian dan mencegah konflik.

Dalam wawancara dengan surat kabar Italia La Stampa, Tajani mengatakan bahwa kerja sama Eropa yang lebih erat di bidang pertahanan merupakan prioritas partai Forza Italia yang dipimpinnya.

“Jika kita ingin menjadi penjaga perdamaian di dunia, kita memerlukan militer Eropa. Dan ini merupakan prasyarat mendasar untuk dapat memiliki kebijakan luar negeri Eropa yang efektif,” katanya dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada Minggu.

“Di dunia yang memiliki pemain kuat seperti Amerika Serikat, China, India, Rusia – dengan krisis dari Timur Tengah hingga Indo-Pasifik – warga negara Italia, Jerman, Prancis, atau Slovenia hanya dapat dilindungi oleh sesuatu yang sudah ada, yaitu Uni Eropa,” tambahnya.

Kerja sama pertahanan Eropa telah menjadi agenda politik sejak invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina hampir dua tahun lalu.



Namun, upaya-upayanya lebih terfokus pada ekspansi NATO, dengan Finlandia bergabung dengan aliansi tersebut tahun lalu dan Swedia juga akan menjadi anggota.

Tajani juga mengatakan 27 negara UE harus menyederhanakan kepemimpinannya dan memiliki satu presiden, daripada struktur presiden Dewan Eropa dan presiden Komisi Eropa saat ini.

Menteri luar negeri menjadi pemimpin Forza Italia setelah kematian Silvio Berlusconi tahun lalu.

Pemilihan Parlemen Eropa pada bulan Juni akan menjadi ukuran pertama popularitas partai tersebut setelah kehilangan mantan pemimpinnya yang karismatik.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)