Apakah 2024 Jadi Tahun Kebangkitan ISIS?

Sabtu, 06 Januari 2024 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Pada Januari 2023, militer AS melancarkan operasi yang menewaskan seorang pemimpin senior ISIS di Somalia utara. Sebuah laporan PBB menimbulkan kekhawatiran bahwa kelompok-kelompok seperti ISIS dapat mengeksploitasi ketidakstabilan politik dan kekerasan di Sudan.

4. Terus Memperkuat dan Memperluas Jaringan

Apakah 2024 Jadi Tahun Kebangkitan ISIS?

Foto/Reuters

Pusat Kontra Terorisme Nasional AS, dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada bulan Agustus, mengatakan ancaman yang ditimbulkan oleh ISIS dan Al Qaeda "berada pada titik terendah dengan penindasan terhadap elemen-elemen yang paling berbahaya".

Namun mereka juga memperingatkan bahwa setengah dari cabang ISIS “sekarang aktif dalam pemberontakan di seluruh Afrika” dan “mungkin siap untuk melakukan ekspansi lebih lanjut”.

Dikatakan bahwa kelompok tersebut telah kehilangan tiga pemimpin keseluruhan dan setidaknya 13 anggota senior lainnya di Irak dan Suriah sejak awal tahun 2022 “yang berkontribusi pada hilangnya keahlian dan penurunan serangan ISIS di Timur Tengah".

“Secara keseluruhan, ISIS melakukan serangan jauh lebih sedikit pada tahun lalu dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” kata Andreas Krieg, profesor di King’s College London, dilansir Reuters.

“Serangan yang diklaim ISIS telah menurun secara signifikan secara global – Afrika adalah satu-satunya wilayah di mana afiliasi (ISIS) masih berkembang,” katanya.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0960 seconds (0.1#10.140)