Serangan Teror Guncang Prancis, 4 Orang Tewas, 12 Luka

Jum'at, 23 Maret 2018 - 22:36 WIB
Serangan Teror Guncang Prancis, 4 Orang Tewas, 12 Luka
Serangan Teror Guncang Prancis, 4 Orang Tewas, 12 Luka
A A A
TREBES - Seorang pria bersenjata melakukan serangan dan penyanderaan di supermarket Super U di Trebes, Prancis selatan, Jumat (23/3/2018). empat orang tewas termasuk pelaku dan serangan ini dinyatakan sebagai aksi terorisme.

Sebanyak 12 orang lainnya terluka dalam insiden tersebut. Pelaku serangan mengaku loyalis kelompok Islamic State atau ISIS kemudian mengumbar tembakan yang menewaskan dua orang.

Laporan media lokal menyatakan pelaku menyandera sekitar delapan orang.

Sebelumnya, pria bersenjata itu telah membajak sebuah mobil dan menembaki polisi yang sedang melakukan joging di sebuah kota dalam tempo 15 menit. Pelaku memukul seorang perwira polisi di bahunya.

Seorang sumber yang dekat dengan penyelidikan mengatakan kepada France 24 bahwa seorang perwira militer Perancis menjadi sandera di supermarket.

Menteri Dalam Negeri Gerard Collomb mengatakan pria bersenjata itu ditembak mati setelah polisi melancarkan serangan di supermarket. Pelaku berusia sekitar 30-an, seorang pria keturunan Maroko.

Menurut laporan BFM TV, pelaku sebelumnya menuntut pembebasan penyerang Paris, Salah Abdeslam. Salah Abdeslam, warga Maroko-Belgia, adalah tersangka utama yang masih hidup dalam serangan di Paris yang menewaskan 130 orang beberapa waktu yang lalu.

“Semuanya menuntun kita untuk percaya itu adalah serangan teror,” kata Presiden Prancis Emmanual Macron.

Kejaksaan Prancis juga mengumumkan bahwa petugas menyatakan aksi penyanderaan sebagai insiden teror.

Perdana Menteri Edouard Philippe juga berpendapat senada.”Semua informasi tampaknya menjadi aksi teroris,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3257 seconds (0.1#10.140)