ISIS Klaim Bertanggung Jawab atas Serangan Mematikan di Iran

Jum'at, 05 Januari 2024 - 08:23 WIB
loading...
A A A
Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam sebuah pernyataan mengutuk apa yang disebutnya sebagai “serangan teroris pengecut” pada hari Rabu dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban dan pemerintah Iran.

Rincian lebih lanjut mengenai pelaku serangan dan motif mereka belum dapat ditentukan. Namun Aaron Zelin, pakar di lembaga pemikir Washington Institute for Near East Policy, mengatakan dia tidak akan terkejut jika serangan itu dilakukan oleh cabang ISIS yang berbasis di negara tetangga Afghanistan, yang dikenal sebagai ISIS-Khorasan, atau ISIS-K.

Teheran, katanya, menuduh ISIS-K berada di balik banyak rencana yang gagal dalam lima tahun terakhir. Sebagian besar dari mereka yang ditangkap adalah warga Iran, Asia Tengah, atau warga Afghanistan yang berasal dari jaringan afiliasi yang berbasis di Afghanistan, bukan dari jaringan kelompok tersebut di Irak dan Suriah.

ISIS, katanya, menyimpan kebencian yang besar terhadap Syiah – sekte dominan di Iran dan sering menjadi sasaran serangan kelompok tersebut di Afghanistan – yang dianggap murtad, dan selama bertahun-tahun telah memberikan ancaman terhadap Teheran.

Tindakan keras Taliban telah melemahkan ISIS-K di Afghanistan, memaksa beberapa anggotanya pindah ke negara tetangga, namun kelompok tersebut terus merencanakan operasi di luar negeri, menurut para pejabat AS.

“Meningkatnya fokus eksternal ISIS-Khorasan mungkin merupakan perkembangan yang paling memprihatinkan,” kata laporan Pusat Kontra Terorisme Nasional AS yang diterbitkan pada bulan Agustus di CTC Sentinel, sebuah publikasi dari Pusat Pemberantasan Terorisme di West Point.

Pada tahun 2022 ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan mematikan terhadap kuil Syiah di Iran yang menewaskan 15 orang, sementara serangan sebelumnya yang diklaim oleh ISIS termasuk pemboman kembar pada tahun 2017 yang menargetkan parlemen Iran dan makam pendiri Republik Islam, Ayatollah Ruhollah Khomeini.

Serangan itu bertepatan dengan pecahnya permusuhan baru selama tiga bulan antara Israel dan Gaza, dan TV pemerintah Iran sebelumnya menunjukkan kerumunan orang berkumpul di kota-kota di Iran, termasuk Kerman, meneriakkan: "Matilah Israel" dan "Matilah Amerika".

Amerika Serikat pada Rabu membantah terlibat dalam ledakan tersebut dan mengatakan bahwa mereka juga tidak memiliki alasan untuk percaya bahwa Israel terlibat. Dikatakan bahwa ledakan tersebut tampaknya mewakili "serangan teroris" yang pernah dilakukan ISIS di masa lalu.

Teheran sering menuduh musuh bebuyutannya, Israel dan Amerika Serikat, mendukung kelompok militan anti-Iran yang pernah melakukan serangan di masa lalu. Militan Baluchi dan separatis etnis Arab juga melancarkan serangan di Iran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)