Daftar Negara dengan Usia Kemerdekaan Seumur Jagung

Selasa, 20 Maret 2018 - 19:00 WIB
Daftar Negara dengan Usia Kemerdekaan Seumur Jagung
Daftar Negara dengan Usia Kemerdekaan Seumur Jagung
A A A
KEMERDEKAAN sebuah bangsa biasanya diraih dengan perjuangan dan air mata. Prosesnya pun cukup panjang, sehingga ketika kemerdekaan sudah didapat harus benar-benar dijaga agar tidak lepas lagi. Berikut ini negara-negara dengan usia kemerdekaan terpendek di dunia.

1. Republik Amerika Serikat Belgia (11 Januari 1790-2 Desember 1790)*
Daftar Negara dengan Usia Kemerdekaan Seumur Jagung

Setelah sejumlah reformasi oleh Kaisar Romawi Joseph II diberlakukan di Provinsi Belgia Republik Belanda Austria, sekelompok masyarakat lokal bangkit dalam revolusi 1789. Mereka menyatakan diri sebagai negara berdaulat yang dikenal sebagai negara Amerika Serikat-Belgia pada Januari 1790. Namun karena pertikaian dan penaklukan oleh Kaisar Leopold II, negara tersebut berantakan. Pada 1830, Belgia mengumumkan kemerdekaannya dari Belanda serta mengakhiri kiprah negara baru Republik Amerika Serikat Belgia.

2. Republik Ezo (27 Januari 1869-27 Juni 1869)
Daftar Negara dengan Usia Kemerdekaan Seumur Jagung

Pada akhir Perang Boshin pada 1868 (di mana Keshogunan Tokugawa dikalahkan), sebagian tentara menolak menyerah dan melarikan diri ke Pulau Ezo, yang sekarang dikenal sebagai Hokkaido. Kelompok ini kemudian menyatakan, pulau Ezo adalah negara berdaulat. Namun negara yang baru terbentuk itu akhirnya dikalahkan pemerintah Meiji di Jepang. Enomoto Takeaki, pemimpin pemberontakan menjalani hukuman 4 tahun penjara akibat usaha memerdekakan diri itu.

3. Pemerintahan Sementara Hawaii (17 Januari 1893-4 Juli 1894)
Daftar Negara dengan Usia Kemerdekaan Seumur Jagung

Setelah sekitar 100 tahun hidup di bawah monarki, perlawanan terhadap takhta di Hawaii pemerintahan Raja David Kalakaua akhirnya meledak. Ketika dia meninggal pada 1891, saudaranya Lili'uokalani menggantikannya sebagai ratu. Namun dia digulingkan dalam sebuah kudeta 1893. Sebuah pemerintahan baru, Republik Hawaii, kemudian dibentuk pada 1894. Presiden negara berumur pendek itu adalah Sanford B. Dole.

4. Republik Formosa (23 Mei 1895-21 Oktober 1895)
Daftar Negara dengan Usia Kemerdekaan Seumur Jagung

Sebagai akibat dari Perang Sino-Jepang pertama dan Perjanjian Shimonoseki, Jepang diberi kendali atas Taiwan, yang membuat marah penduduk pulau itu. Pada Mei 1895, penduduk Taiwan mengumumkan kemerdekaan dari Jepang dan menamakan negara baru itu dengan Republik Formosa. Namun, dukungan internasional tidak pernah ada dan orang-orang Forma akhirnya bisa dikalahkan militer Jepang dalam hitungan bulan. Republik Formosa pun berakhir.

5. Kerajaan Lithuania (16 Februari 1918-2 November 1918)
Daftar Negara dengan Usia Kemerdekaan Seumur Jagung

Ketika Jerman diberi kontrol atas Lithuania setelah Perjanjian Brest-Litovsk pada 1918, pemerintah setempat ingin mempertahankan status mereka sebagai negara merdeka. (Jerman ingin menggabungkan Lithuania dan Prusia ke dalam satu negara yang lebih besar dan juga menciptakan semacam Uni Soviet di Jerman.) Taryba (Dewan Lithuania) memilih Duke Wilhelm von Urach sebagai raja Lithuania dan membentuk sebuah monarki konstitusional. Atas hal itu Jerman merasa keberatan dan menyatakan negara tersebut tidak memiliki hak memilih pemimpinnya sendiri. Pada 2 November 1918, Taryba menarik undangan mereka ke Duke of Urach dan membubarkan pemerintah sehingga mengakhiri monarki.

6. The Republic Of Mountainous Armenia (26 April 1921-13 Juli 1921)
Daftar Negara dengan Usia Kemerdekaan Seumur Jagung

Setelah dikalahkan Turki dalam Perang Turki-Armenia, pemerintah Armenia dipaksa bergabung dengan Soviet Rusia. Namun, Soviet akhirnya memutuskan menyerahkan Armenia ke Azerbaijan, yang membuat penduduk setempat marah. Pada awal 1921, mereka memberontak melawan Soviet, menyatakan kemerdekaan pada 26 April. Pemberontak menguasai Ibu Kota Yerevan dan juga daerah sekitarnya. Namun, keberhasilan mereka tidak bertahan lama ketika Soviet tiba dan melumpuhkan pemberontak. Negara baru The Republic Of Mountainous Armenia akhirnya harus layu di bawah pendudukan Soviet.

7. Carpatho-Ukraina (15 Maret 1939-16 Maret 1939)
Daftar Negara dengan Usia Kemerdekaan Seumur Jagung

Dibentuk dari ujung barat daya Ukraina, Carpatho-Ukraina mengumumkan kemerdekaannya pada 15 Maret 1939. Mereka berhasil merancang sebuah bendera dan segel resmi serta mengumumkan lagu kebangsaan dalam satu hari. Seperti Hitler dan Nazi, para pemimpin Hungaria, tetangga dari Carpatho-Ukraina, memiliki pemikiran melakukan ekspansi terhadap negara baru itu. Para anggota pemerintahan Carpatho-Ukraina, akhirnya melarikan diri yang diikuti dengan pembubaran negara Carpatho-Ukraina.

8. Tanganyika (9 Desember 1962-26 April 1964)
Daftar Negara dengan Usia Kemerdekaan Seumur Jagung

Tanganyika sudah ada sejak abad ke-10, namun "dijajah" Jerman pada 1880-an dan secara resmi menjadi protektorat pada 1891. Orang-orang Jerman datang dan secara resmi mengambil alih negara tersebut. Saat Perang Dunia I berakhir, Inggris menguasai negara tersebut dan menyebutnya wilayah Tanganyika pada 1920. Pada 1962, Inggris memberikan kemerdekaan kepada Tanganyika. Namun, republik baru tersebut tidak bertahan lama karena pemerintah memutuskan bergabung dengan Zanzibar dan membentuk negara yang dikenal sebagai Tanzania.

9. Republik Demokratik Yaman (21 Mei 1994-7 Juli 1994)
Daftar Negara dengan Usia Kemerdekaan Seumur Jagung

Perang saudara pecah di Yaman antara bagian utara dan selatan ketika mantan Wakil Presiden Republik Yaman Ali Salim al-Beidh melarikan diri ke Kota Aden pada Agustus 1993. Paska pertempuran meletus pada April 1994, perwakilan negara-negara bagian selatan menyatakan memisahkan diri dengan membentuk Republik Demokratik Yaman, negara baru yang mirip dengan Republik Demokratik Rakyat Yaman (negara berusia 23 tahun di bagian selatan Yaman). Setelah berlangsung sebulan, perang sipil akhirnya berakhir setelah pasukan utara menghancurkan perlawanan selatan pada 7 Juli 1994 dan secara efektif mengakhiri pemberontakan negara baru Republik Demokratik Yaman.

10. Azawad (6 April 2012-12 Juli 2012)
Daftar Negara dengan Usia Kemerdekaan Seumur Jagung

Meskipun tidak pernah diakui secara resmi oleh negara lain, masyarakat Mali utara, sebuah negara di bagian barat laut Afrika, memberontak melawan pemerintah dan menyatakan tanah mereka sebagai negara Islam berdaulat. Dimulai pada April 2012, pertempuran berlangsung beberapa bulan sebelum pemberontak kehabisan benteng terakhir, Kota Ansogo. Sejak saat itu, pemberontak, yang dikenal dengan akronim MLNA, sepakat melakukan perundingan dengan pemerintah Mali. Namun keinginan kemerdekaan Azawad akhirnya hanya sia-sia karena sebagian besar masyarakat internasional menolak klaim kemerdekaan itu.

Sumber: 10mostoday
*rentang usia negara dari merdeka hingga bubar
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3735 seconds (0.1#10.140)