PM Jepang Ucapkan Belasungkawa setelah 5 Awak Pesawat Penjaga Pantai Tewas

Selasa, 02 Januari 2024 - 20:31 WIB
loading...
A A A
Tayangan langsung di stasiun penyiaran publik NHK menunjukkan pesawat Japan Airlines (JAL) (9201.T) Airbus (AIR.PA) A350 terbakar saat tergelincir di landasan sesaat sebelum pukul 6 sore. Api kemudian dapat dipadamkan meskipun ada upaya keras dari kru penyelamat untuk mengendalikan api. Namun sebelumnya seluruh 367 penumpang dan 12 awak dievakuasi.

Penyiar NHK, mengutip Departemen Pemadam Kebakaran Tokyo, mengatakan sedikitnya 17 orang yang dievakuasi dari pesawat penumpang terluka.

Tak lama setelah tabrakan, pengawas lalu lintas udara mengatakan kepada pilot: “Bandara ditutup, bandara Haneda ditutup,” menurut rekaman di liveatc.net.

Rekaman dan gambar yang dibagikan di media sosial menunjukkan para penumpang berteriak di dalam kabin yang dipenuhi asap dan berlari melintasi aspal menjauhi perosotan evakuasi.

Juru bicara Japan Airlines mengatakan pesawatnya berangkat dari bandara New Chitose di pegunungan utara pulau Hokkaido.

Menteri Transportasi Saito mengatakan penyebab kecelakaan itu tidak jelas dan Dewan Keselamatan Transportasi Jepang (JTSB), polisi, dan departemen lain akan terus menyelidikinya. Tabrakan terjadi sesaat setelah mendarat.

“Kementerian Perhubungan akan berupaya untuk melanjutkan pengoperasian bandara Haneda sesegera mungkin,” kata Saito.

Haneda adalah salah satu dari dua bandara utama yang melayani ibu kota Jepang. Saingan JAL, maskapai penerbangan Jepang, ANA mengatakan pihaknya telah membatalkan 112 penerbangan domestik yang berangkat dan mendarat di Haneda selama sisa hari Selasa karena penutupan landasan pacu.

Kaoru Ishii, seorang ibu yang sedang menunggu di luar gerbang kedatangan putri dan pacarnya yang berusia 29 tahun untuk kembali ke penerbangan mengatakan bahwa awalnya dia mengira penerbangan tersebut ditunda hingga putrinya menelepon untuk menjelaskan.

“Dia bilang pesawatnya terbakar dan dia keluar melalui perosotan,” kata Ishii. "Saya sangat lega karena dia baik-baik saja."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1641 seconds (0.1#10.140)