Siapa Putra Mahkota Frederik? Calon Raja Denmark yang Dijuluki Pinguin

Senin, 01 Januari 2024 - 17:17 WIB
loading...
Siapa Putra Mahkota Frederik? Calon Raja Denmark yang Dijuluki Pinguin
Putra Mahkota Frederik dari Denmark akan menjadi raja setelah pengunduran diri ibunya. Foto/Reuters
A A A
KOPENHAGEN - Warga Denmark diberi kejutan pada Malam Tahun Baru saat Ratu Margrethe II mengumumkan pengunduran dirinya.

Satu-satunya ratu yang berkuasa di dunia dan penguasa yang paling lama menjabat di Eropa akan mengundurkan diri pada 14 Januari, yang merupakan 52 tahun sejak ia menjadi ratu.

“Saya akan menyerahkan tahta kepada putra saya, Putra Mahkota Frederik,” ia mengumumkan secara langsung di TV.

Siapa Putra Mahkota Frederik? Calon Raja Denmark yang Dijuluki Pinguin

1. Tidak Menunjukkan Identitas Pangeran saat Kuliah

Siapa Putra Mahkota Frederik? Calon Raja Denmark yang Dijuluki Pinguin

Foto/Reuters

Putra Mahkota Frederik dikenal di Denmark sebagai seorang pangeran partai pada awal tahun 1990an, namun persepsi tersebut mulai berubah setelah ia lulus dari Universitas Aarhus pada tahun 1995 dengan gelar master dalam ilmu politik. Dia adalah bangsawan Denmark pertama yang menyelesaikan pendidikan universitas.

Selama masa studinya ia menghabiskan waktu di Harvard di Amerika Serikat, di mana ia mendaftar dengan nama samaran Frederik Henriksen.


2. Dijuluki Pinguin saat Bertugas sebagai Anggota Militer

Siapa Putra Mahkota Frederik? Calon Raja Denmark yang Dijuluki Pinguin

Foto/Reuters
Dia kemudian bertugas di angkatan laut Denmark, di mana dia dijuluki "Pingo" - yang menurut Mail diperoleh setelah pakaian selamnya terisi air selama kursus scuba diving dan dia harus berjalan seperti penguin.

Pria berusia 55 tahun ini terkenal sebagai seorang pemberani, dengan ikut serta dalam ekspedisi ski selama empat bulan melintasi Greenland pada tahun 2000. Dia dirawat di rumah sakit karena kecelakaan kereta luncur dan skuter.

“Saya tidak ingin mengurung diri di dalam benteng. Saya ingin menjadi diri saya sendiri, seorang manusia,” ia pernah berkata, bersikeras bahwa ia akan tetap berpegang pada hal itu bahkan setelah naik takhta.

3. Sangat Peduli dengan Lingkungan

Putra Mahkota Frederik, seperti Raja Charles III dari Inggris, dikenal karena kecintaannya terhadap lingkungan. Dia telah bersumpah untuk "memandu kapal" Denmark ke masa depan.

Istrinya yang lahir di Australia, Putri Mary, dibesarkan di pulau Tasmania dan bekerja sebagai pengacara ketika pasangan tersebut bertemu pada tahun 2000, di sebuah bar di Sydney selama Olimpiade.

Dia pernah mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia tidak tahu bahwa dia adalah pangeran Denmark ketika mereka bertemu, dengan mengatakan: "Setengah jam kemudian seseorang mendatangi saya dan berkata, 'Apakah Anda tahu siapa orang-orang ini?'"

Mereka dianggap oleh sebagian orang mewakili nilai-nilai modern dan telah berusaha mendidik keempat anak mereka - seorang perempuan, laki-laki dan saudara kembar - dengan pendidikan senormal mungkin, dan sebagian besar mengirim mereka ke sekolah negeri.

Berbeda dengan tradisi kerajaan Inggris, tidak akan ada upacara penobatan resmi Putra Mahkota Frederik. Sebaliknya, aksesinya akan diumumkan dari Kastil Amalienborg di Kopenhagen pada hari itu.

Dia akan menjadi Raja Denmark dan kepala negara di negara tersebut - yang merupakan monarki konstitusional - serta di Greenland dan Kepulauan Faroe.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)