China Jatuhkan Sanksi pada Pejabat AS Terkait Hong Kong

loading...
China Jatuhkan Sanksi pada Pejabat AS Terkait Hong Kong
Ini adalah tanggapan atas langkah Washington pekan lalu untuk menjatuhkan sanksi kepada 11 pejabat Hong Kong dan China yang dituduh membatasi kebebasan politik di kota itu. Foto/REUTERS
A+ A-
BEIJING - China menyatakan akan menerapkan sanksi terhadap 11 warga Amerika Serikat (AS), termasuk sejumlah senator dan pejabat Washington. Ini adalah tanggapan atas langkah Washington pekan lalu untuk menjatuhkan sanksi kepada 11 pejabat Hong Kong dan China yang dituduh membatasi kebebasan politik di kota itu.

Di antara mereka yang menjadi target sanksi itu adalah Ted Cruz, Marco Rubio, Tom Cotton, Josh Hawley, Pat Toomey dan Chris Smith, serta sejumlah anggota di kelompok nirlaba dan HAM. (Baca juga: Ternyata, Investor Asal Jepang Lebih Diterima Dibanding China)

"Menanggapi perilaku AS yang salah itu, China telah memutuskan untuk menjatuhkan sanksi pada individu yang berperilaku buruk pada masalah terkait Hong Kong," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian seperti dilansir Reuters pada Senin (10/8/2020).

Anggota parlemen AS yang ditargetkan oleh Beijing adalah mereka yang paling vokal melemparkan kritik terhadap undang-undang keamanan nasional baru yang memperluas otoritas Beijing di Hong Kong.

Sebelumnya, Washington pada hari Jumat memberlakukan sanksi terhadap Kepala Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam serta kepala polisi kota saat ini dan mantan kepala polisi, di bawah perintah eksekutif yang ditandatangani oleh Donald Trump.



Sanksi tersebut tersebut membekukan aset yang dimiliki oleh para pejabat yang berada di AS dan umumnya melarang orang Amerika berbisnis dengan mereka. (Baca juga: Juragan Bytedance dan Pendiri TikTok Alumni Microsoft, China Merem Hadapi AS)
(esn)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top