Siapa Pemimpin Dunia yang Menjadi Pemenang pada 2023?

Minggu, 31 Desember 2023 - 17:16 WIB
loading...
A A A
Paramiliter Wagner yang dipimpin Prigozhin berhenti mencapai ibu kota Rusia, dalam kesepakatan yang suram yang tampaknya ditengahi oleh Presiden Belarusia Alexander Lukashenko. Namun gambaran pasukan Wagner yang bergerak tanpa perlawanan menuju Moskow – dan jatuhnya pesawat militer Rusia oleh tentara bayaran – merupakan pukulan besar bagi citra Putin sebagai penjamin stabilitas dalam negeri Rusia.

Dalam waktu dua bulan setelah pemberontakan, Prigozhin meninggal: Bos tentara bayaran tersebut meninggal dalam kecelakaan pesawat yang masih misterius pada akhir Agustus. Putin berhasil selamat dari tantangan terbesar dalam mempertahankan kekuasaannya selama lebih dari dua dekade, namun pemberontakan tersebut melemahkan salah satu pilar utama pemerintahannya: aura kekebalan sang presiden.



“Banyak ultra-patriot yang bingung dengan belas kasihan yang awalnya ditunjukkan terhadap Prigozhin dan menafsirkannya sebagai tanda kelemahan: baik negara maupun Putin sendiri,” tulis analis politik Rusia Tatiana Stanovaya setelah kecelakaan tersebut. “Bahkan jika kematian Prigozhin benar-benar tidak disengaja, maka Kremlin pasti akan melakukan apa pun untuk membuat orang percaya bahwa itu adalah tindakan yang tidak disengaja. Putin melihat ini sebagai kontribusi pribadinya terhadap penguatan kenegaraan Rusia.”

Pada akhir tahun, mesin humas Kremlin tampaknya telah menyembunyikan seluruh urusan Prigozhin. Dalam konferensi pers Putin yang berlangsung selama setahun, nama Prigozhin tidak pernah disebutkan, meskipun Putin mengakui adanya “kemunduran yang seharusnya dapat dicegah oleh Kementerian Pertahanan” ketika menyangkut perusahaan militer swasta.

Seperti biasa, ringkasan tahunan ini merupakan hasil yang luar biasa, dan Putin dengan percaya diri menyampaikan pesan bahwa Rusia kembali berada di posisi terdepan dan memanfaatkan statistik untuk mendukung pendapatnya. Perekonomian, katanya, kembali ke pertumbuhan PDB, bangkit kembali dari penurunan 2,1% pada tahun sebelumnya, dan output industri Rusia meningkat. Tingkat pengangguran di negara ini, sesumbarnya, telah turun ke titik terendah dalam sejarah, 2,9%.

Rusia memang telah berhasil melewati sanksi dan perekonomiannya berada dalam kondisi perang: Menurut Departemen Keuangan AS, belanja pertahanan telah menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi. Dan hal ini tampaknya akan terus berlanjut, karena Putin telah berjanji untuk menghabiskan apa pun untuk melancarkan perangnya terhadap Ukraina.

Dan situasi di medan perang di Ukraina telah memberi Putin kesempatan lain untuk menunjukkan rasa percaya diri. Serangan balasan Ukraina yang banyak dibanggakan gagal menghasilkan terobosan apa pun, dan permintaan bantuan lebih dari USD60 miliar dari pemerintahan Biden untuk Ukraina terhenti di Kongres karena tuntutan Partai Republik mengenai keamanan perbatasan dan kebijakan imigrasi. Hongaria memblokir usulan kesepakatan bantuan terbaru Uni Eropa untuk Ukraina.

Putin jelas ingin dunia – dan juga para pemilihnya – percaya bahwa ia menang, dan ia mengandalkan dukungan agar Ukraina tidak goyah. Ketika ditanya dalam konferensi persnya kapan akan ada perdamaian di Ukraina, Putin menawarkan formula terbuka yang sama seperti yang dia gunakan untuk membenarkan invasi besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022.

“Akan ada perdamaian ketika kita mencapai tujuan yang Anda sebutkan,” katanya. “Sekarang mari kita kembali ke tujuan ini – tujuan tersebut tidak berubah. Saya ingin mengingatkan Anda bagaimana kami merumuskannya: denazifikasi, demiliterisasi, dan status netral bagi Ukraina.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0903 seconds (0.1#10.140)