Putin: Rusia Tidak Memiliki Rencana untuk Menyerang NATO

Minggu, 17 Desember 2023 - 18:18 WIB
loading...
Putin: Rusia Tidak Memiliki Rencana untuk Menyerang NATO
Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan tidak akan menyerang NATO. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Pemimpin Rusia Vladimir Putin menolak pernyataan Presiden AS Joe Biden yang mengatakan Rusia akan menyerang negara NATO jika memenangkan perang di Ukraina. Dia menambahkan bahwa Rusia tidak tertarik melawan aliansi militer NATO.

Perang di Ukraina telah memicu krisis terdalam dalam hubungan Moskow dengan Barat sejak Krisis Rudal Kuba tahun 1962. Biden pada tahun lalu memperingatkan bahwa konfrontasi langsung antara NATO dan Rusia akan memicu Perang Dunia Ketiga.

Dalam permohonannya kepada Partai Republik untuk tidak menghalangi bantuan militer lebih lanjut awal bulan ini, Biden memperingatkan bahwa jika Putin menang atas Ukraina maka pemimpin Rusia itu tidak akan berhenti dan akan menyerang negara NATO.

“Ini benar-benar tidak masuk akal – dan saya pikir Presiden Biden memahami hal itu,” kata Putin dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Minggu oleh televisi pemerintah Rossiya. Dia menambahkan bahwa Biden tampaknya mencoba untuk membenarkan “kebijakannya yang salah” terhadap Rusia.

“Rusia tidak punya alasan, tidak ada kepentingan – tidak ada kepentingan geopolitik, baik ekonomi, politik atau militer – untuk berperang dengan negara-negara NATO,” kata Putin.



Aliansi NATO yang dipimpin AS didirikan pada tahun 1949 untuk memberikan keamanan Barat terhadap Uni Soviet. Setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, wilayah ini diperluas hingga mencakup beberapa negara bekas Uni Soviet dan Pakta Warsawa.

Putin telah berulang kali menyebut perluasan NATO pasca Perang Dingin sebagai bukti arogansi Barat dalam menangani masalah keamanan Rusia.

Berdasarkan Pasal 5 perjanjian NATO, “Para Pihak sepakat bahwa serangan bersenjata terhadap satu atau lebih negara di Eropa atau Amerika Utara akan dianggap sebagai serangan terhadap mereka semua”.

Putin mengatakan bahwa masuknya Finlandia ke dalam NATO pada bulan April akan memaksa Rusia untuk "mengkonsentrasikan unit militer tertentu" di Rusia utara dekat perbatasan mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1036 seconds (0.1#10.140)