Hamas Kutuk Penjualan Amunisi Darurat AS ke Israel

Minggu, 31 Desember 2023 - 11:07 WIB
loading...
Hamas Kutuk Penjualan Amunisi Darurat AS ke Israel
Hamas kecam penjualan senjata AS ke Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Penguasa Hamas di Jalur Gaza mengutuk persetujuan AS atas penjualan amunisi artileri berdaya ledak tinggi dan peralatan terkait ke Israel senilai USD147,5 juta.

Amerika Serikat mengumumkan penjualan amunisi artileri 155mm berdasarkan ketentuan darurat yang mengesampingkan persyaratan normal untuk peninjauan kongres.

Hamas mengatakan penjualan itu adalah “bukti nyata dari dukungan penuh pemerintah Amerika terhadap perang kriminal ini.”

"Pemerintahan Presiden Joe Biden secara mencolok bersekutu dan secara aktif mendukung semua kekejaman yang dilakukan oleh Israel," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan, dilansir Al Arabiya.



Kekejaman masa perang tersebut, tambah Hamas, telah menyebabkan “pembunuhan kejam terhadap anak-anak dan warga sipil, pemindahan paksa penduduk, dan penghancuran sistematis kehidupan warga sipil” di Gaza.

Israel melancarkan kampanye militer sengit melawan Hamas di Gaza setelah militan tersebut melakukan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Israel selatan pada 7 Oktober.

Serangan itu menyebabkan sekitar 1.140 orang tewas di Israel, sebagian besar warga sipil. Serangan Israel di Gaza sejak saat itu telah menewaskan sedikitnya 21.672 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan di Gaza.

Ketika kematian warga sipil meningkat di Gaza, citra Amerika Serikat di dunia internasional terpukul karena terus mendukung Israel.

Awal bulan ini, Amerika Serikat menggunakan ketentuan darurat yang sama untuk menyetujui penjualan hampir 14.000 butir amunisi tank 120 mm ke Israel.

Israel meminta agar sekring, primer, dan biaya 155mm ditambahkan ke kasus penjualan militer asing sebelumnya, sehingga meningkatkan perkiraan total biaya dari $96,51 juta menjadi $147,5 juta dan memerlukan pemberitahuan baru, menurut pernyataan dari Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS.

Menteri Luar Negeri telah menetapkan bahwa “ada keadaan darurat yang memerlukan penjualan segera kepada pemerintah Israel,” kata pernyataan itu.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0948 seconds (0.1#10.140)