4 Politikus Underdog yang Mengguncang Dunia pada 2023

Minggu, 31 Desember 2023 - 20:20 WIB
loading...
4 Politikus Underdog yang Mengguncang Dunia pada 2023
Javier Milei menjadi kandidat underdog yang memenangkan pemilu di Argentina. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Tahun yang tidak diunggulkan: Bagaimana ‘orang luar’ mengacaukan pemilu di dunia, terutama di Amerika Latin . Dari Argentina, Guatemala, hingga Ekuador, para pemilih menolak kandidat kuat dalam pemilihan presiden tahun ini.

Dalam beberapa kasus, ketika dihadapkan pada hambatan besar seperti gejolak ekonomi atau korupsi, para pemilih beralih ke politisi yang mereka anggap sebagai “mesias”. Diungkapkan Romina Del Pla, anggota Kamar Deputi Argentina yang beraliran kiri.

“Ini merupakan ekspresi besarnya krisis yang telah kita alami di Argentina selama bertahun-tahun,” kata Del Pla mengenai pemilu di negaranya baru-baru ini.

Dia menambahkan bahwa rasa haus akan tokoh-tokoh “mesias” meluas hingga ke luar Argentina, merujuk pada keberhasilan kelompok populis seperti Donald Trump di Amerika Serikat atau Jair Bolsonaro di Brasil.

“Kami telah melihat bahwa fenomena ini bersifat internasional, Trump, Bolsonaro, dan lainnya, adalah orang-orang yang berhasil menyalurkan rasa frustrasi yang besar itu,” kata Del Pla.

Del Pla mengamati bahwa, selama pemilihan presiden tahun ini, terjadi “perpecahan” di kalangan pemilih kelas pekerja yang secara tradisional mendukung partai politik besar. Banyak yang malah tertarik pada Milei, yang mengecam lembaga politik sebagai korup.

Saat berkampanye, ia sering menyebut partai-partai yang berkuasa sebagai “kasta politik”, yang menyiratkan struktur kekuasaan tetap yang dimaksudkan untuk menjauhkan pihak luar seperti dirinya.

Namun terlepas dari daya tariknya terhadap kelas pekerja, Del Pla memperingatkan bahwa langkah-langkah ekonomi yang diambil Milei pasti akan memberikan dampak yang paling buruk bagi kelas menengah dan miskin.

Setelah menjabat, Milei mendevaluasi mata uang Argentina lebih dari 50 persen, sebuah langkah yang diperkirakan akan membuat inflasi semakin tinggi dan melemahkan daya beli konsumen. Ia juga meluncurkan paket legislatif yang berupaya merombak sekitar 300 undang-undang melalui keputusan, dengan istilah yang akan membatasi hak mogok dan membuka peluang bagi privatisasi aset negara.

Pemerintahannya juga berjanji untuk menindak protes, mengeluarkan pedoman yang menunjukkan pendekatan tanpa toleransi terhadap demonstrasi yang memutus lalu lintas.

Kritikus seperti Del Pla melihat pedoman tersebut sebagai langkah untuk menekan perbedaan pendapat. Bagaimanapun juga, pada masa-masa awal pemerintahan Milei, banyak terjadi bentrokan dengan polisi ketika para pengunjuk rasa melakukan unjuk rasa menentang reformasi yang dilakukan Milei.

“Sekarang, kita melihat bahwa semua kasta yang seharusnya mereka lawan sebenarnya ada di pemerintahan,” kata Del Pla. “Pada akhirnya, Milei bukanlah orang luar.”

4 Politikus Underdog yang Mengguncang Dunia pada 2023

1. Javier Milei dari Argentina

4 Politikus Underdog yang Mengguncang Dunia pada 2023

Foto/Reuters

Kemiskinan meroket. Inflasi yang tidak terkendali. Hutang yang sangat besar. Javier Milei melukiskan gambar paling suram ketika ia menyampaikan pidato pengukuhannya sebagai presiden Argentina awal bulan ini.

“Tidak ada uang,” katanya dengan suara muram. “Tidak ada alternatif selain mengencangkan ikat pinggang. Tidak ada alternatif lain selain kejutan.”

Pesan tersebut bukanlah pesan yang Anda harapkan akan mendapat sorak-sorai dari masyarakat yang terpuruk akibat resesi ekonomi. Namun sorak-sorai massa menunjukkan sejauh mana Milei – yang merupakan pendatang baru di dunia politik – telah berhasil memanfaatkan ketidakpuasan pemilih terhadap status quo.

Milei, seorang ekonom libertarian berusia 53 tahun yang terkenal dengan rambutnya yang acak-acakan dan anjing hasil kloning, adalah bagian dari gelombang orang luar politik yang menduduki posisi kepemimpinan di Amerika Latin tahun ini.

Negara-negara di kawasan ini menyaksikan kandidat-kandidat kuda hitam meraih kursi kepresidenan pada tahun 2023, yang memberikan teguran kepada kelompok politik yang berkuasa.

Namun Pablo Touzon, seorang ilmuwan politik Argentina, mengatakan “anti-sistem” mungkin bukan istilah yang tepat untuk tren orang luar yang berpolitik.

“Bukannya mereka anti sistem. Mereka adalah sistem baru,” katanya tentang deretan pemimpin baru, yang mencakup spektrum politik, dari kiri hingga kanan.

Touzon menelusuri kelompok orang luar politik ini berasal dari pergeseran global yang telah terjadi selama lebih dari satu dekade.

Ia menjelaskan bahwa kehancuran ekonomi global pada tahun 2008 dan kebangkitan media sosial memberdayakan suara-suara baru untuk menentang status quo, mengguncang lembaga-lembaga politik mulai dari Eropa, Amerika Utara, hingga Timur Tengah.

Periode pergolakan di awal tahun 2000an ini bertepatan dengan ledakan komoditas di Amerika Latin: Harga bahan mentah dan barang ekspor lainnya meningkat, didorong oleh permintaan dari negara-negara seperti China.

Hal ini sedikit menurunkan kesenjangan regional, namun Touzon memperingatkan bahwa Amerika Latin “belum menemukan model ekonominya” – model ekonomi yang dapat menjamin stabilitas kawasan. Sebaliknya, ketidakpastian ekonomi telah menciptakan kondisi “pecahnya politik” yang terjadi saat ini.

“Sistem baru mungkin lebih tidak stabil, lebih bervariasi, dengan kekuatan yang lebih mudah didapat dan lebih mudah hilang,” kata Touzon.

Perekonomian merupakan isu utama di beberapa negara yang menjadi tempat para kandidat pemula mengambil alih kekuasaan

Prospek ekonomi Argentina yang suram mendominasi siklus pemilunya, dengan inflasi yang melonjak melewati 160 persen dan mata uangnya merosot. Lebih dari 40 persen penduduknya berada di bawah garis kemiskinan.


2. Daniel Noboa dari Ekuador

4 Politikus Underdog yang Mengguncang Dunia pada 2023

Foto/Reuters
Di Ekuador, misalnya, Daniel Noboa mengejutkan negara tersebut dengan mengalahkan veteran politik Luisa González dalam pemilu putaran kedua bulan Oktober. Seperti Milei, Noboa, pewaris kekayaan industri pisang, hanya menjalani satu masa jabatan di kantor publik sebelum naik ke kursi kepresidenan.

Demikian pula, perekonomian Ekuador sedang berjuang untuk pulih setelah pandemi COVID-19. Para ahli telah memperingatkan bahwa tingginya pengangguran kaum muda dapat memudahkan “perekrutan” geng kriminal, yang merupakan kekhawatiran utama lainnya dalam pemilu tahun ini.

Korupsi juga merupakan masalah mobilisasi. Di Ekuador, Presiden Guillermo Lasso yang akan habis masa jabatannya menghadapi sidang pemakzulan hingga ia membubarkan badan legislatif dan menyerukan pemilihan umum baru.

3. Bernardo Arevalo dari Guetamala

4 Politikus Underdog yang Mengguncang Dunia pada 2023

Foto/Reuters

Guatemala, sementara itu, melihat anggota kongres progresif Bernardo Arevalo bangkit dari ketertinggalan dan menang telak dalam pemilihan presiden negaranya, mengalahkan mantan Ibu Negara Sandra Torres.

Arevalo dipandang sebagai calon yang tidak bisa diunggulkan, dengan perolehan suara kurang dari 3 persen menjelang pemungutan suara pertama. Namun ia meraih kemenangan di tengah gelombang frustrasi rakyat yang ia sebut sebagai “musim semi demokratis”.

Dan di Guatemala, serangkaian skandal pemerintah mendorong para pemilih untuk mendukung Movimiento Semilla atau Gerakan Benih, sebuah partai antikorupsi yang dipimpin oleh Arevalo.

“Pencalonan saya dan partai kami menyalurkan rasa frustrasi terhadap situasi korupsi yang tidak dapat ditoleransi,” kata Arevalo dalam wawancara dengan BBC pada bulan November.

Meski begitu, jaksa penuntut pemerintah dan politisi saingannya telah melakukan upaya berulang kali untuk mempertanyakan legitimasi kemenangan Arevalo, sehingga mendorong para pengamat internasional untuk memperingatkan adanya campur tangan dalam pemilu

4. Paraguayo Cubas dari Paraguay

4 Politikus Underdog yang Mengguncang Dunia pada 2023

Foto/Reuters

Bahkan di Paraguay, kandidat lain, Paraguayo Cubas, secara mengejutkan menunjukkan performa yang kuat dalam pemilihan presiden di negara tersebut. Menggambarkan dirinya sebagai kandidat “anti-sistem”, pemimpin sayap kanan ini menempati posisi ketiga dalam pemungutan suara terakhir.

"Ketidakpercayaan terhadap institusi pemerintah telah menjadi tema pemersatu sepanjang pemilu 2023," ungkap komentator seperti kolumnis pemenang Hadiah Pulitzer, Andrés Oppenheimer.

Dalam penampilannya di Radio Imagen Meksiko, Oppenheimer memuji tuntutan perubahan sebagai akibat dari rasa frustrasi yang sudah berlangsung lama.

“Gelombang presiden luar yang mereka pilih di Amerika Latin – dari Chile, Peru, Kolombia, Argentina, semua pemimpin anti-sistemik muncul lebih dulu dalam jajak pendapat – semua itu adalah bagian dari hal yang sama,” kata Oppenheimer. “Ada gelombang ketidakbahagiaan di dunia.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)