4 Politikus Underdog yang Mengguncang Dunia pada 2023

Minggu, 31 Desember 2023 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Arevalo dipandang sebagai calon yang tidak bisa diunggulkan, dengan perolehan suara kurang dari 3 persen menjelang pemungutan suara pertama. Namun ia meraih kemenangan di tengah gelombang frustrasi rakyat yang ia sebut sebagai “musim semi demokratis”.

Dan di Guatemala, serangkaian skandal pemerintah mendorong para pemilih untuk mendukung Movimiento Semilla atau Gerakan Benih, sebuah partai antikorupsi yang dipimpin oleh Arevalo.

“Pencalonan saya dan partai kami menyalurkan rasa frustrasi terhadap situasi korupsi yang tidak dapat ditoleransi,” kata Arevalo dalam wawancara dengan BBC pada bulan November.

Meski begitu, jaksa penuntut pemerintah dan politisi saingannya telah melakukan upaya berulang kali untuk mempertanyakan legitimasi kemenangan Arevalo, sehingga mendorong para pengamat internasional untuk memperingatkan adanya campur tangan dalam pemilu

4. Paraguayo Cubas dari Paraguay

4 Politikus Underdog yang Mengguncang Dunia pada 2023

Foto/Reuters

Bahkan di Paraguay, kandidat lain, Paraguayo Cubas, secara mengejutkan menunjukkan performa yang kuat dalam pemilihan presiden di negara tersebut. Menggambarkan dirinya sebagai kandidat “anti-sistem”, pemimpin sayap kanan ini menempati posisi ketiga dalam pemungutan suara terakhir.

"Ketidakpercayaan terhadap institusi pemerintah telah menjadi tema pemersatu sepanjang pemilu 2023," ungkap komentator seperti kolumnis pemenang Hadiah Pulitzer, Andrés Oppenheimer.

Dalam penampilannya di Radio Imagen Meksiko, Oppenheimer memuji tuntutan perubahan sebagai akibat dari rasa frustrasi yang sudah berlangsung lama.

“Gelombang presiden luar yang mereka pilih di Amerika Latin – dari Chile, Peru, Kolombia, Argentina, semua pemimpin anti-sistemik muncul lebih dulu dalam jajak pendapat – semua itu adalah bagian dari hal yang sama,” kata Oppenheimer. “Ada gelombang ketidakbahagiaan di dunia.”
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)