Korea Utara Akan Meluncurkan Satelit Baru dan Drone pada 2024

Minggu, 31 Desember 2023 - 08:37 WIB
loading...
A A A
Korea Utara belum melakukan uji coba senjata nuklir sejak tahun 2017, namun dalam beberapa tahun terakhir telah mengambil langkah-langkah untuk melanjutkan operasi pada batas kemampuannya.

Kim mengatakan pada tahun 2024 akan terjadi perkembangan militer lebih lanjut, termasuk memperkuat kekuatan nuklir dan rudal, membangun pesawat tak berawak, memperluas armada kapal selam, dan mengembangkan kemampuan peperangan elektronik.

Armada satelit mata-mata ini akan mewakili kemampuan pertama Korea Utara.

Peluncuran sukses tersebut didahului oleh dua upaya yang gagal tahun lalu ketika roket baru Chollima-1 jatuh ke laut.

Tindakan tersebut meningkatkan ketegangan regional dan memicu sanksi baru dari AS, Australia, Jepang, dan Korea Selatan. Pyongyang belum merilis gambar apa pun dari satelit baru tersebut, sehingga membuat para analis dan pemerintah asing memperdebatkan kemampuannya.

Keberhasilan nyata juga terjadi setelah Presiden Rusia Vladimir Putin berjanji membantu Korea Utara membangun satelit. Para pejabat Korea Selatan mengatakan bantuan Rusia kemungkinan besar membawa perbedaan dalam keberhasilan misi tersebut, meskipun para ahli mengatakan tidak jelas seberapa besar bantuan yang bisa diberikan Moskow.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)