Pesawat Militer Rusia Jatuh di Suriah, 32 Orang Tewas

Selasa, 06 Maret 2018 - 21:51 WIB
Pesawat Militer Rusia Jatuh di Suriah, 32 Orang Tewas
Pesawat Militer Rusia Jatuh di Suriah, 32 Orang Tewas
A A A
DAMASKUS - Pesawat militer Rusia yang membawa 32 orang jatuh saat akan mendarat di Pangkalan Udara Khmeimim, Suriah, Selasa (6/3/2018). Tak ada yang selamat dari kecelakaan pesawat ini.

Kementerian Pertahanan Rusia mengonfirmasi bahwa 32 orang yang tewas terdiri dari enam awak dan 26 penumpang.

Pesawat militer yang jatuh adalah pesawat angkut An-26. Menurut informasi awal yang diterima kementerian itu, kecelakaan maut ini disebabkan oleh kegagalan teknis.

Pesawat jatuh dan menghantam objek di landasan pacu di dekat Pangkalan Udara Khmeimim sekitar pukul 15.00 waktu Moskow.

Kementerian Pertahanan Rusia menegaskan, jatuhnya pesawat An-26 bukan karena ditembak atau diserang.

Investigasi terkait insiden mematikan ini sedang berlangsung.

Ini bukan pertama kalinya pesawat jenis An-26 jatuh di Suriah. Pada bulan Januari 2015, sebuah pesawat serupa yang dioperasikan oleh angkatan bersenjata Suriah jatuh saat mendarat di bandara militer Abu al-Duhur di Provinsi Idlib.

An-26 adalah pesawat angkut militer yang mampu membawa hingga 38 orang—tidak termasuk awak pesawat—dan muatan sekitar 5.500 kilogram.

Rusia telah mempertahankan presidensi militer di Suriah sejak tahun 2015 dengan misi melancarkan operasi anti-terrois atas permintaan Presiden Bashar al-Assad. Moskow memiliki dua fasilitas militer di negara Arab ini, yakni Pangkalan Udara Khmeimim dan Pangkalan Angkatan Laut Tartus.

”Sekitar pukul 15.00 (waktu Moskow, pukul 12.00 GMT), sebuah pesawat angkut Rusia An-26 jatuh saat mendarat di Pangkalan Udara Khmeimim,” bunyi pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia. ”Semua yang ada di pesawat tewas dalam insiden tersebut,” lanjut kementerian tersebut, seperti dikutip Sputnik.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4931 seconds (0.1#10.140)