Presiden Iran Kecam AS sebagai Faktor Ketidakstabilan Terbesar di Dunia

Minggu, 24 Desember 2023 - 12:30 WIB
loading...
Presiden Iran Kecam AS sebagai Faktor Ketidakstabilan Terbesar di Dunia
Presiden Iran Ebrahim Raisi. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Presiden Iran Ebrahim Raisi menuduh Amerika Serikat sebagai "faktor ketidakstabilan terbesar" di seluruh dunia.

Tudingan itu muncul di tengah ketegangan yang sedang berlangsung terkait dukungan AS terhadap serangan terbaru Israel di Gaza.

Dalam Konferensi Internasional Teheran tentang Palestina, Raisi mengecam AS yang mengaku membela kebebasan dan demokrasi, sebagai pelaku kejahatan besar dan faktor ketidakstabilan global.

“Mereka yang mengaku melindungi kebebasan dan demokrasi telah menunjukkan diri mereka sebagai pelaku kejahatan terbesar, diskriminasi rasial, dan pelanggaran hak asasi manusia,” tegas Raisi.

“Sudah jelas bagi semua orang bahwa AS bukan hanya bukan merupakan faktor stabilitas di kawasan mana pun di dunia, namun telah dan tetap menjadi faktor ketidakstabilan dan kurangnya keamanan terbesar di seluruh dunia, termasuk di Afghanistan, Irak, Suriah, Lebanon, dan belahan dunia lainnya," ujar dia.

Pernyataannya menyusul klaim Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin bahwa Amerika tidak bermaksud berperang dengan Iran dan mendesak Teheran meredakan ketegangan di Timur Tengah.

Namun Austin juga mengecam meningkatnya serangan di kawasan yang dilakukan oleh pasukan “yang terkait dengan Iran,” yang mengancam populasi kawasan dan meningkatkan konflik Israel-Palestina.



Konflik Israel-Palestina kembali meletus pada tanggal 7 Oktober dengan pecahnya Jalur Gaza yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh Hamas dan kelompok bersenjata lainnya, disertai dengan serangan roket besar-besaran.

Kampanye pengeboman dan serangan darat Israel telah menewaskan lebih dari 20.000 warga Palestina di Jalur Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)