Citra Satelit Tunjukkan Gelagat China Ingin Uji Coba Senjata Nuklir

Sabtu, 23 Desember 2023 - 15:04 WIB
loading...
Citra Satelit Tunjukkan Gelagat China Ingin Uji Coba Senjata Nuklir
Citra satelit tunjukkan gelagat China Ingin uji coba senjata nuklir di situs Lop Nur. Namun Beijing menyangkalnya. Foto/Maxar Technologies
A A A
BEIJING - Citra satelit yang diterbitkan dalam laporan rinci The New York Times menunjukkan gelagat China yang ingin menguji coba senjata nuklirnya. Gambar itu menunjukkan pengaktifan kembali fasilitas uji coba nuklir Lop Nur di Daerah Otonomi Xinjiang.

Dari citra satelit itu, Beijing kemungkinan segera berada dalam posisi untuk melakukan uji coba nuklir penuh atau mungkin ledakan nuklir subkritis. Eksperimen subkritis mensimulasikan ledakan nuklir dengan menggunakan bahan peledak kimia.

Upaya China untuk meningkatkan uji coba nuklir akan menunjukkan minat Beijing dalam menguji dan mengkualifikasi beberapa desain hulu ledak nuklir terbarunya yang dipasang pada sejumlah rudal balistik dan jelajah generasi baru.

Analisis The New York Times didasarkan pada bukti yang diberikan oleh Dr Renny Babiarz, pakar intelijen geospasial internasional terkemuka. Barbiarz, mantan analis Pentagon, menghabiskan waktu bertahun-tahun mempelajari citra satelit fasilitas Lop Nur tempat China melakukan uji coba nuklir pertamanya pada 16 Oktober 1964.



“Aktivitas di Lop Nur terjadi pada salah satu momen paling sensitif dalam hubungan Amerika Serikat-China,” tulis The New York Times.

“Presiden [Joe] Biden telah mengatakan bahwa dia berusaha untuk 'menstabilkan' hubungan yang semakin kontroversial dan, pada pertemuan puncak bulan lalu dengan Xi Xinping, pemimpin China, mencari kesepakatan," lanjut laporan tersebut, yang dilansir Sabtu (23/12/2023).

China, pada bagiannya, telah menolak laporan tersebut.

Citra satelit menunjukkan adanya proses peningkatan fasilitas di situs Lop Nur selama beberapa tahun terakhir.

“Pada tahun 2017, sebuah situs tua dengan beberapa bangunan telah berubah menjadi kompleks ultramodern yang apik dan dikelilingi pagar pengaman,” tulis The New York Times.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2103 seconds (0.1#10.140)