Biden Khawatir Perang Israel-Lebanon Pecah, Perintahkan Tim AS Mencegahnya

Sabtu, 23 Desember 2023 - 14:46 WIB
loading...
A A A
Washington khawatir tindakan seperti itu akan memicu perang regional yang lebih besar.

Hochstein, yang sebelumnya merupakan utusan khusus presiden untuk infrastruktur global dan keamanan energi, pindah dari Departemen Luar Negeri ke Gedung Putih baru-baru ini. Dia sekarang menjadi penasihat senior presiden untuk bidang energi dan investasi.

Hochstein memiliki sejarah bolak-balik antara Lebanon dan Israel sejak masa pemerintahan Barack Obama.

Biden bertanya kepada Hochstein di awal masa jabatannya untuk melihat apakah kesepakatan perbatasan maritim dapat diselesaikan setelah satu dekade diplomasi AS. Dia berhasil menengahi kesepakatan yang membuat kedua negara secara teknis berada dalam keadaan perang dan sepakat untuk membatasi perbatasan maritim mereka dengan harapan mendapatkan keuntungan dari cadangan gas alam lepas pantai.

Kini, Biden ingin memastikan perang lain tidak terjadi pada masa jabatannya, yang telah dihantui oleh kegagalan kebijakan luar negeri, termasuk penarikan diri dari Afghanistan yang kacau balau.

Kelompok-kelompok Palestina yang berbasis di Lebanon mulai melancarkan serangan roket dari perbatasan selatan negara itu bersamaan dengan pecahnya perang antara Israel dan Hamas di Gaza.

Sementara Israel meminta pertanggungjawaban Hizbullah atas serangan yang dilancarkan dari Lebanon dan menanggapi serangan tersebut, milisi yang didukung Iran itu memulai operasinya sendiri melawan Israel.

Pada hari-hari pertama perang Gaza, Hizbullah menargetkan situs militer dan daerah terbuka sementara Israel membalas dengan bom fosfor putih, artileri, dan serangan udara terhadap pos-pos Hizbullah dan mengosongkan wilayah sipil. Namun, ada beberapa contoh di mana kedua belah pihak memperluas target mereka sejak saat itu.

Israel juga telah membunuh beberapa jurnalis Lebanon dan beberapa warga sipil, termasuk sebuah keluarga dengan tiga saudara perempuan, berusia antara 10 hingga 14 tahun. Israel mengatakan pihaknya sedang menyelidiki pembunuhan seorang jurnalis Reuters di Lebanon sebagai akibat dari sebuah serangan, yang mana Beirut dan outlet reporter—Issam Abdullah—meminta pertanggungjawaban tentara Israel.

Pada awal Desember, Israel menyerang pangkalan Angkatan Bersenjata Lebanon (LAF), menewaskan seorang tentara Lebanon dan melukai lainnya. Meskipun militer Israel jarang mengeluarkan permintaan maaf publik, namun mereka terus menyerang wilayah sipil dan membunuh lebih banyak warga sipil Lebanon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1793 seconds (0.1#10.140)