Berikut Penampakan Terowongan Raksasa Hamas yang Bisa Dilalui Mobil

Senin, 18 Desember 2023 - 07:26 WIB
loading...
Berikut Penampakan Terowongan Raksasa Hamas yang Bisa Dilalui Mobil
Hamas memiliki terowongan raksasa. Foto/JP Post
A A A
GAZA - Terowongan Hamas sudah diakui Israel dan sekutunya memiliki ketahanan dan kecanggihan teknologi yang tak bisa ditembus. Yang terbaru, Israel mengungkap bahwa terowongan Hamas di Gaza bisa dilalui mobil.

Tentara Pertahanan Israel (IDF) pada Minggu (17/12/2023) mengeluarkan video tentang Muhammad Sinwar, tangan kanan dan saudara laki-laki pemimpin Gaza Yahya Sinwar, sedang berada di dalam mobil melalui terowongan tingkat “strategis” sepanjang empat kilometer dan kedalaman 50 meter.

Dalam video bisu tersebut, Sinwar terlihat memberikan instruksi kepada pengemudi saat mereka melewati terowongan dengan kecepatan tinggi dengan kendaraan berpenampilan cukup modern.

Video tersebut adalah salah satu dari banyak bukti intelijen yang dimiliki Israel bahwa Muhammad secara pribadi terlibat dalam pengembangan terowongan tersebut.

Melansir The Jerusalem Post, terowongan ini adalah yang terbesar dan terpanjang di Gaza yang pernah ditemukan IDF. itu menghubungkan langsung ujung Gaza utara ke Jabalia menuju ujung selatan Gaza utara dan hampir secara eksklusif melintasi wilayah sipil.

Beberapa orang mengatakan bahwa meskipun Yahya adalah pemimpin Gaza, Muhammad adalah operator terpentingnya dan akan mengalami kesulitan mengendalikan Hamas pada tingkat yang sama tanpa saudaranya.

Selain itu, IDF mengatakan bahwa teroris Hamas menggunakan terowongan tersebut untuk menyerang IDF selama perang saat ini dan bahkan beberapa hari yang lalu. Teroris yang menyerang IDF dari terowongan beberapa hari lalu tewas dalam pertempuran dengan IDF.



IDF pertama kali mulai mengidentifikasi dan membersihkan terowongan tersebut lebih dari sebulan yang lalu, namun terowongan tersebut sangat luas dan memiliki banyak tingkatan serta hambatan, seperti pintu ledakan, sehingga belum siap untuk ditampilkan kepada media hingga beberapa hari terakhir.

Terowongan ini ditemukan oleh gabungan Unit Yahalom terowongan semut khusus, insinyur, dan infanteri reguler yang bekerja sama dengan berbagai teknologi dan intelijen untuk memetakan keseluruhan terowongan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0983 seconds (0.1#10.140)