Militer Israel Frustrasi karena Tentaranya Tak Becus Temukan Sandera di Gaza

Minggu, 17 Desember 2023 - 08:07 WIB
loading...
Militer Israel Frustrasi karena Tentaranya Tak Becus Temukan Sandera di Gaza
Militer Israel frustrasi dengan ketidakmampuan tentaranya dalam menemukan lokasi para sandera yang ditawan Hamas di Gaza, Palestina. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Militer Israel frustrasi karena ketidakmampuan tentara mereka dalam menemukan para sandera yang ditawan Hamas di Gaza, Palestina. Hal itu diungkap sumber-sumber militer Zionis kepada Jerusalem Post, Minggu (17/12/2023).

Pengungkapan itu muncul setelah tentara Israel melakukan blunder fatal, yakni menembak mati tiga sandera di Gaza setelah mengira ketiganya sebagai musuh yang mengancam.

Sandera pertama yang jadi korban diidentifikasi oleh tentara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) sebagai Yotam Haim. Dia diidentifikasi berdasarkan tatonya yang khas.



Dua sandera lainnya juga telah diidentifikasi dan semuanya sudah dibawa ke Israel dan diperiksa.

IDF mengklarifikasi sifat medan perang yang menantang dan padat, menyoroti penyelidikan ekstensif dan pemindaian yang sedang berlangsung untuk menemukan tempat di mana para korban penculikan Hamas ditawan.

Untuk alasan yang tidak sepenuhnya jelas, IDF awalnya memfokuskan upayanya terhadap Shujaiya, basis salah satu batalion terkuat Hamas yang terkenal karena perannya dalam serangan 7 Oktober.

Pendekatan ini kontras dengan strategi yang digunakan selama Operasi Pedang Besi—nama sandi perang Israel di Gaza—, di mana Brigade Golani langsung melancarkan serangan darat terhadap batalion tersebut, yang mengakibatkan hilangnya tujuh tentara Brigade Golani dan penculikan prajurit Oron Shaul.



Dalam operasi saat ini, manuver ke Shujaiya melibatkan rentetan tembakan selama 12 hari, diikuti dengan serangan udara dan darat yang bertujuan untuk menghancurkan infrastruktur teror yang telah dibangun selama dua dekade.

Operasi tersebut mencakup penggunaan peralatan teknik secara ekstensif untuk membersihkan ranjau dan alat peledak, serta menghancurkan bangunan yang merupakan ancaman bagi pasukan. Hal ini digantikan oleh tank Merkava dan pengangkut personel lapis baja Namer, dengan pasukan artileri melakukan tembakan langsung ke rumah-rumah milisi Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)