Besok, Korut Kirim Delegasi untuk Persiapan Olimpiade

Sabtu, 20 Januari 2018 - 22:59 WIB
Besok, Korut Kirim Delegasi untuk Persiapan Olimpiade
Besok, Korut Kirim Delegasi untuk Persiapan Olimpiade
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) akan mengirim sebuah delegasi ke Korea Selatan (Korsel) pada hari Minggu (21/1/2018) untuk mempersiapkan perjalanan dengan sebuah rombongan seni selama Olimpiade Musim Dingin bulan depan. Rencana ini lebih cepat sehari setelah sebelumnya membatalkannya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kementerian Unifikasi Korsel.

Partisipasi Korut pada Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang Korsel telah ditafsirkan sebagai terobosan diplomatik yang jelas setelah berbulan-bulan mengalami ketegangan tinggi atas program nuklir dan rudal.

"Korea Utara mengirim sebuah pernyataan pada hari Sabtu (20/1/2018) dengan mengatakan bahwa pihaknya akan mengirim delegasi tersebut melalui jalur darat pada hari Minggu, dan jadwal selama kunjungan tersebut dapat dilakukan seperti yang disepakati sebelumnya," kata Kementerian Unifikasi dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari Reuters.

"Pemerintah Korea Selatan telah menyetujui kunjungan tersebut pada hari Minggu," imbuh kementerian tersebut.

Kementerian tersebut mengungkapkan bahwa seorang anggota tim Korut yang beranggotakan tujuh orang telah dijadwalkan untuk berkunjung pada hari Sabtu untuk memeriksa tempat pertunjukan namun Jumat malam Korut membatalkan kunjungan tersebut.

Pada awal pekan ini Seoul mengatakan di Olimpiade kedua Korea akan berada dalam satu tim hoki es wanita dan berbaris bersama di bawah satu bendera. Ini terjasi setelah sebuah babak baru perundingan di tengah pencarian ikatan lintas batas.

Sementara itu, Korut telah menuduh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa bersikap bias mengenai uji coba nuklirnya dan peluncuran rudal balistik karena tidak juga memperkarakan Amerika Serikat (AS) karena mengerjakan program nuklirnya sendiri. Korut mengkritik AS dan negara-negara lain karena telah menyebut program nuklirnya sebagai pelanggaran resolusi.

Pyongyang mengatakan bahwa ucapan tersebut membawa masalah dengan berada di bawah tekanan AS dengan putus asa mencoba untuk membalikkan kecenderungan pengenduran dan perbaikan hubungan antar-Korea, yang tampaknya mengacu pada terobosan seputar Olimpiade Musim Dingin, menurut sebuah pernyataan dari Misi Tetap Korut untuk PBB
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3249 seconds (0.1#10.140)