Setelah 2 Bulan Berperang, Bagaimana Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan Hamas?

Senin, 11 Desember 2023 - 22:02 WIB
loading...
Setelah 2 Bulan Berperang, Bagaimana Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan Hamas?
Perbandingan kekuatan militer Israel dan Hamas mengalami perubahan setelah dua bulan berperang. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Konflik yang meningkat telah menyebabkan dua pihak yang memiliki kemampuan militer yang sangat berbeda saling bentrok dan menimbulkan konsekuensi yang mematikan. Seperti konflik Israel- Hamas yang sudah berlangsung selama dua bulan juga mengakibatkan perubahan perbandingan kekuatan militer mereka.

Konflik yang semakin meningkat dan mematikan ini menyaksikan dua pihak dengan kemampuan militer yang sangat berbeda saling bentrok dalam perjuangan yang telah menyebabkan lebih dari seribu orang tewas.

Israel mempunyai kekuatan militer yang lebih konvensional dibandingkan dengan Amerika atau Inggris – dengan perbedaan mencolok bahwa Israel menjalankan wajib militer – sedangkan Hamas adalah organisasi gerilya yang mempunyai persenjataan lengkap.

Berikut perbandingkan kekuatan militer Israel dan Hamas setelah dua bulan berperang.

Kekuatan Militer Israel

Setelah 2 Bulan Berperang, Bagaimana Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan Hamas?

Foto/Reuters

"Militer Israel dilengkapi sejumlah besar tank dan kendaraan lapis baja karena mereka membuat perbedaan nyata ketika melintasi perbatasan ke wilayah lain," kata Profesor Michael Clarke kepada Sky News.

Tank Merkava-nya mirip dengan tank tempur Leopard 2 Jerman yang terkenal penggunaannya di Ukraina.

Dirancang dan sebagian besar diproduksi di Israel, tank ini memiliki lapis baja depan yang berat untuk memberikan perlindungan maksimal bagi empat awaknya dan dipersenjatai dengan meriam utama 120mm serta persenjataan sekunder.

Dalam hal kekuatan udara, militer Israel menggunakan jet tempur Kfir miliknya sendiri – pesawat tempur multiperan yang didasarkan pada pesawat Mirage buatan Prancis.

"Militer Israel pada umumnya berteknologi tinggi dan sangat inovatif," kata Profesor Clarke, dan juga sering menggunakan teknologi drone.

Rahasia umum mengenai Israel adalah keberadaan senjata nuklir. “Mereka pasti memilikinya, 100%."

“Tidak ada orang Israel yang akan mengkonfirmasi atau menyangkal.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0947 seconds (0.1#10.140)