Turki Sebut AS Kini Dikucilkan dalam Masalah Gaza setelah Veto Resolusi DK PBB

Minggu, 10 Desember 2023 - 01:30 WIB
loading...
A A A
Dia menambahkan kelompok kontak tersebut mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly pada Sabtu.

Setelah Kanada, dia mengatakan kelompok kontak tersebut akan mengadakan pertemuan di Norwegia pekan depan dan kemudian di Jenewa.

Pembicaraan Bilateral dengan Blinken


Berbicara tentang pertemuan bilateralnya dengan Blinken, Fidan mengatakan Turki menyampaikan posisinya mengenai situasi di Gaza dengan sangat jelas kepada AS.

“Kami menyatakan dengan sangat jelas kepada mereka betapa seriusnya situasi di sini, bahwa tidak ada lagi toleransi, dan sikap kami mengenai langkah apa yang perlu diambil dalam hal ini,” ujar dia.

Fidan mengatakan dia juga membahas keanggotaan Swedia di NATO dengan Blinken, dan menambahkan, "Tentu saja, posisi kami mengenai masalah ini jelas."

Finlandia dan Swedia mengajukan keanggotaan NATO tak lama setelah Rusia melancarkan perangnya terhadap Ukraina pada Februari 2022.

Meskipun Turki menyetujui keanggotaan Finlandia di NATO, mereka menunggu Swedia memenuhi komitmennya untuk tidak memberikan perlindungan kepada teroris atau pendukung teroris dan tidak memfasilitasi tindakan mereka.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menandatangani protokol aksesi NATO Swedia dan menyerahkannya ke parlemen pada Oktober untuk pemungutan suara ratifikasi.

“Mulai sekarang, itu adalah kebijaksanaan parlemen, dan ini sudah kami sampaikan kepada rekan-rekan kami,” ujar Fidan.

Fidan mengatakan proses normalisasi antara Azerbaijan dan Armenia juga menjadi agenda pertemuannya dengan Blinken.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)