Donald Trump: Kekuatan Bom Nuklir Sekarang Ini 500 Kalinya Bom Hiroshima

Jum'at, 08 Desember 2023 - 00:01 WIB
loading...
Donald Trump: Kekuatan Bom Nuklir Sekarang Ini 500 Kalinya Bom Hiroshima
Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump sebut kekuatan bom nuklir sekarang ini 500 kalinya dari bom yang dijatuhkan di Hiroshima, Jepang, pada akhir Perang Dunia II. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memperingatkan tentang potensi penggunaan senjata nuklir dan menyatakan ada risiko hal itu terjadi selama perang Israel-Hamas saat ini.

Saat mengkritik Presiden Joe Biden, Trump mengatakan bahwa masyarakat tidak membahas potensi penggunaan senjata nuklir ketika dia masih menjabat.

Trump telah menyandingkan hal tersebut dengan meningkatnya kekhawatiran mengenai penggunaan senjata nuklir dan dalam pertemuan dengan Sean Hannity dari Fox News pada hari Selasa. Mantan presiden tersebut mengatakan bahwa hal tersebut adalah masalah terbesar yang dihadapi dunia saat ini.



"Tingkat kekuatan senjata nuklir sungguh luar biasa. Ambil contoh Hiroshima atau Nagasaki dan itu terjadi beberapa dekade yang lalu dan kalikan dengan 500, itulah yang akan menjadi sebuah bom besar saat ini," kata Trump.

“Baik itu Israel atau negara-negara besar, senjata nuklir adalah masalah terbesar yang kita hadapi,” ujarnya, seperti dikutip Newsweek, Kamis (7/12/2023).

Israel tidak pernah mengonfirmasi bahwa mereka mempunyai senjata nuklir, namun komentar-komentar setelah serangan Hamas pada 7 Oktober semakin memperkuat keyakinan bahwa negara Yahudi itu juga dipersenjatai dengan senjata tersebut.

Revital "Tally" Gotliv, seorang anggota Parlemen Israel, menyerukan Israel untuk menggunakan senjata nuklir "hari kiamat" untuk meratakan Gaza.

Menteri Warisan Israel Amichai Eliyahu menyatakan bahwa senjata nuklir adalah pilihan untuk konflik tersebut dan kemudian ditangguhkan karena pernyataannya.

Komentar tersebut mendapat kecaman dari beberapa negara, termasuk Rusia dan Arab Saudi.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mempertanyakan apakah pernyataan para pejabat Israel tersebut merupakan “deklarasi resmi” bahwa Israel memiliki senjata nuklir dan menyerukan inspeksi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0921 seconds (0.1#10.140)