Rezim Kim Jong-un Setuju Korut-Korsel Berunding 9 Januari

Jum'at, 05 Januari 2018 - 09:52 WIB
Rezim Kim Jong-un Setuju Korut-Korsel Berunding 9 Januari
Rezim Kim Jong-un Setuju Korut-Korsel Berunding 9 Januari
A A A
SEOUL - Rezim Kim Jong-un menerima tawaran Seoul untuk mengadakan pembicaraan atau perundingan antara Korea Utara (Korut) dan Korsel yang dimulai Selasa, 9 Januari 2018. Kementerian Unifikasi Korsel mengumumkan kesediaan pihak Pyongyang itu, Jumat (5/1/2018).

Kementerian itu mengatakan, perundingan kedua Korea antara lain untuk membahas partisipasi Pyongyang di Olimpiade Musim Dingin di PyeongChang dan hal-hal lain yang menjadi kepentingan bersama.

Juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan Baik Tae-hyun tawaran tanggal dimulainya dialog itu disampaikan pada hari Selasa lalu. Lokasi dialog akan berlangsung di situs gencatan senjata Panmunjeom di perbatasan kedua Korea.

”Korea Utara telah menerima proposal kami untuk bertemu di Rumah Perdamaian Panmunjeom (Zona Demiliterisasi Korea) pada tanggal 9 Januari,” kata Baik Tae-hyun, seperti dilansir Yonhap.

“Kedua pihak memutuskan untuk membahas masalah tingkat kerja dengan bertukar dokumen,” lanjut dia. ”Akan fokus pada isu-isu terkait dengan peningkatan hubungan antar-Korea, termasuk Olimpiade PyeongChang.”

Baca Juga: Trump Klaim Ketegasannya Bikin Korut Dialog dengan Korsel

Sebelumnya, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un selama pidato Tahun Baru menyerukan kedua Korea untuk dialog guna meredakan ketegangan militer. Seruan itu disambut baik oleh Seoul.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump yang sebelumnya berseteru dengan Kim Jong-un ikut mengklaim berjasa atas kesediaan kedua Korea untuk berdialog.

“Dengan semua ‘pakar’ yang gagal, apakah ada orang yang benar-benar percaya bahwa pembicaraan dan dialog akan berlangsung antara Korut dan Korsel sekarang jika saya tidak teguh, kuat dan bersedia melakukan ‘kehendak’ total terhadap Korut. Bodoh, tapi pembicaraan adalah hal yang baik!,” tulis Trump melalui akun Twitter-nya, @realDonaldTrump yang dikutip Jumat (5/1/2018)
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4327 seconds (0.1#10.140)