Ukraina klaim Tembak Jatuh Jet Pengebom Su-24M Rusia di Dekat Pulau Ular

Kamis, 07 Desember 2023 - 01:45 WIB
loading...
A A A
Sesaat sebelum Ukraina merebut kembali Pulau Ular, kepala badan intelijen militer Kyiv, Letnan Jenderal Kyrylo Budanov, menggambarkan pos terdepan tersebut sebagai “penting secara strategis” untuk tujuan sipil, perdagangan, dan militer.

“Siapa pun yang menguasai pulau itu dapat sewaktu-waktu memblokir pergerakan kapal sipil ke segala arah di selatan Ukraina dan juga menyerang Ukraina bagian barat,” kata Budanov pada pertengahan Mei 2022.

Kyiv kini telah menghancurkan 324 pesawat Rusia dalam 21 bulan perang habis-habisan, menurut angka dari militer Ukraina, meskipun angka ini tidak dapat diverifikasi secara independen.

Rusia sering melancarkan serangan udara dari Laut Hitam, menghantam pelabuhan pesisir infrastruktur sipil dan pengekspor gandum di Odessa.

Oleshchuk menggambarkan jet Su-24M Rusia bergabung dengan “kapal perang Rusia”, merujuk pada tenggelamnya kapal andalan Rusia di Laut Hitam, Moskva, pada April 2022.

Su-24, juga disebut dengan nama pelaporan NATO, Fencer, adalah pesawat pengebom yang dibuat oleh Biro Desain Sukhoi yang berbasis di Moskow.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0854 seconds (0.1#10.140)