Ukraina klaim Tembak Jatuh Jet Pengebom Su-24M Rusia di Dekat Pulau Ular

Kamis, 07 Desember 2023 - 01:45 WIB
loading...
Ukraina klaim Tembak Jatuh Jet Pengebom Su-24M Rusia di Dekat Pulau Ular
Ukraina klaim pasukannya telah menembak jatuh sebuah jet pengebom Su-24M Rusia di dekat Pulau Ular, kawasan Laut Hitam. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Ukraina mengeklaim pasukannya telah menembak jatuh sebuah jet pengebom Su-24M Rusia di dekat Pulau Ular, kawasan Laut Hitam, pada hari Selasa.

Menurut militer militer Kyiv, insiden itu terjadi ketika pasukannya berupaya melindungi garis pantai selatannya dari pengeboman pesawat Moskow.

“Ukraina menghancurkan jet Rusia di sekitar Pulau Ular, sebuah pos terdepan Laut Hitam sekitar 30 mil dari garis pantai Ukraina dekat Rumania,” kata Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina, yang dilansir Newsweek, Rabu (6/12/2023).

Militer Ukraina menambahkan, jet musuh tersebut berusaha menyerang pasukan Kyiv di wilayah Odesa, dan terbang dengan jet tempur multiperan Su-30SM.



Komando selatan Ukraina menembakkan rudal anti-pesawat ke Su-24M. Demikian disampaikan Mykola Oleshchuk, komandan Angkatan Udara Kyiv, dalam sebuah pernyataan yang di-posting ke media sosial.

Angkatan Udara Ukraina melanjutkan, sebuah pesawat pencarian dan penyelamatan An-26 Rusia berusaha menemukan awak Su-24M.

Rusia belum secara terbuka mengomentari klaim Ukraina tersebut.

Pasukan Kremlin menargetkan Pulau Ular, juga dikenal sebagai Pulau Zmiinyi, pada jam-jam pertama invasi 24 Februari 2022. Namun personel Ukraina yang ditempatkan di pos terdepan Laut Hitam dengan cepat menjadi terkenal karena tanggapannya yang sarat sumpah serapah terhadap serangan kapal perang Rusia.

Bentrokan antara pasukan Rusia dan Ukraina di sekitar Pulau Ular kembali menjadi berita utama pada bulan Juni lalu, ketika Ukraina merebut kembali pos terdepan tersebut setelah Rusia mengatakan pihaknya mundur dari pulau tersebut sebagai isyarat “niat baik”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)