3 Cara Keji Zionis Mengusir Warga Gaza

Selasa, 05 Desember 2023 - 04:04 WIB
loading...
3 Cara Keji Zionis Mengusir Warga Gaza
Israel menggunakan berbagai cara keji untuk mengusir warga Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Ketika pasukan Israel memperluas operasi mereka lebih jauh ke Jalur Gaza, mereka telah mengeluarkan perintah evakuasi terbaru, khususnya di bagian tengah dan selatan. Mereka menggunakan berbagai cara yang keji dan tidak berperi kemanusiaan.

PBB memperkirakan sekitar empat dari lima orang di Gaza harus meninggalkan rumah mereka akibat perang, dan AS telah mengeluarkan peringatan kepada Israel untuk melindungi warga sipil – yang menurut Israel dilakukan dengan “upaya maksimal”.

Berikut Adalah 3 Cara Keji Zionis Mengusir Warga Gaza

1. Membuat Peta yang Membagi Jalur Gaza dalam Ratusan Blok

3 Cara Keji Zionis Mengusir Warga Gaza

Foto/Reuters

Melansir BBC, salah satu cara mereka menyebarkan instruksi evakuasi adalah melalui peta online yang membagi Jalur Gaza menjadi ratusan blok.

Warga didesak untuk memantau perkembangan di zona tempat mereka tinggal dan “mengikuti instruksi IDF [Pasukan Pertahanan Israel] melalui berbagai media”.


2. Menggunakan Media Sosial

3 Cara Keji Zionis Mengusir Warga Gaza

Foto/Reuters

Israel menggunakan media sosial untuk mengeluarkan perintah evakuasi baru ke sekitar 20 wilayah di Gaza selatan. Sebuah peta yang menyertai pos tersebut termasuk anak panah yang menunjuk ke daerah-daerah lebih jauh ke selatan yang menurutnya harus dituju oleh warga sipil.

3. Membagikan Kode QR

3 Cara Keji Zionis Mengusir Warga Gaza

Foto/Reuters

IDF juga telah menyebarkan selebaran di wilayah yang memerintahkan warga untuk mengungsi, terkadang menyertakan kode QR yang terhubung ke peta, dan melakukan panggilan telepon yang memperingatkan penduduk akan serangan yang akan terjadi.

Pendekatan tersebut menuai kritik.

Melansir BBC, Sari Bashi dari Human Rights Watch mengatakan Israel meminta orang-orang “yang tidak memiliki listrik atau internet untuk memindai bar code untuk mengetahui ke mana mereka harus pergi”.

Dia juga mengatakan Israel menyuruh orang-orang untuk melarikan diri “ketika tidak ada tempat yang aman untuk pergi”, dan tidak ada cara yang aman untuk sampai ke sana.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)