Indonesia Sabet Dua Emas dan Tiga Perak dalam IJSO 2017

Rabu, 13 Desember 2017 - 13:21 WIB
Indonesia Sabet Dua Emas dan Tiga Perak dalam IJSO 2017
Indonesia Sabet Dua Emas dan Tiga Perak dalam IJSO 2017
A A A
ARNHEM - Indonesia berhasil meraih dua emas dan tiga perak dalam ajang International Junior Science Olympiad ke-14 yang digelar di Arnhem, Belanda. Ajang ini dihelat mulai tanggal 3 sampai dengan 12 Desember 2017, dengan jumlah peserta sebanyak 300 orang, yang berasal dari 50 negara.

Indonesia yang mengirim lima peserta meraih emas lewat Wilsen Chandra Putra (SMP Sutomo 1 Medan) dan Peter Addison Sadhani (SMP Santo Aloysius 1 Bandung). Sedangkan perak disumbangkan oleh Lugas Firdinand Hamdi (MTsN 1 Kota Malang), Steven William (SMP Petra 1 Surabaya), dan Carin Abbie Reyhani (SMPN 111 Jakarta).

Dalam rilis yang diterima oleh Sindonews, Rabu (13/12/2017), kelima peserta tersebut merupakan hasil seleksi di Indonesia melalui beberapa tahap termasuk tahap terakhir yang berupa Olimpiade Sains Nasional (OSN), yang kemudian diikuti dengan proses pembinaan. Mulai dari proses seleksi hingga keberangkatan tim, didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, melalui Direktorat SMP, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

IJSO adalah ajang pertandingan bidang sains untuk kelompok usia SMP. Pada awalnya, even ini diinisiasi oleh Indonesia sebagai penyelenggara pertama pada tahun 2004.

Tahun ini, tema yang dipilih adalah “water and sustainability,” sesuai dengan potensi yang ada di Belanda, yaitu pengelolaam sumberdaya air. Penyediaan air bersih untuk berbagai kebutuhan hidup merupakan isu utama yang dibahas, khususnya dalam menghadapi isu-isu perubahan iklim.

Dibandingkan dengan peserta dari negara-negara lain yang mampu meraih medali emas lebih banyak, peserta dari Indonesia merasa masih diperlukannya persiapan yang lebih matang, baik menyangkut penguasaan teori, maupun persiapan untuk melakukan eksperimen, dua komponen kompetisi yang dilakukan selama olimpiade internasional tersebut.

Setelah selesai pengumuman pemenang dan pemberian medali, pada acara penutupan juga diumumkan bahwa tuan rumah berikutnya penyelenggaraan IJSO ke-15 adalah Bostwana.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3145 seconds (0.1#10.140)