10 Fakta Menarik Henry Kissinger, Salah Satunya Dikenal Playboy

Jum'at, 01 Desember 2023 - 04:04 WIB
loading...
A A A
Kissinger terlibat dalam banyak peristiwa global yang mengubah zaman pada tahun 1970an, termasuk Perang Vietnam, pembukaan diplomasi China, perundingan penting mengenai pengendalian senjata AS-Soviet, dan perluasan hubungan antara Israel dan negara-negara tetangga Arabnya.

5. Mendapatkan Hadiah Nobel yang Penuh Kontroversial

10 Fakta Menarik Henry Kissinger, Salah Satunya Dikenal Playboy

Foto/Reuters

Hadiah Nobel Perdamaian tahun 1973 yang diberikan kepada Kissinger dan Le Duc Tho dari Vietnam Utara adalah salah satu yang paling kontroversial dalam sejarah penghargaan tersebut.

Mereka dipilih karena kontribusi mereka dalam perundingan damai Paris, yang mengatur penarikan pasukan AS, gencatan senjata, dan mempertahankan pemerintahan Vietnam Selatan. Dua anggota komite Nobel mengundurkan diri atas pilihan tersebut dan Tho menolak hadiah tersebut dengan alasan pekerjaan mereka belum membawa perdamaian.

Musisi Tom Lehrer terkenal mengatakan: "Satire politik menjadi usang ketika Henry Kissinger dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian."

6. Dikenal Playboy

10 Fakta Menarik Henry Kissinger, Salah Satunya Dikenal Playboy

Foto/Reuters

Selama masa lajangnya, Kissinger terlihat bersama aktris Candice Bergen, Shirley MacLaine, Jill St. John, Marlo Thomas, Liv Ullman dan Samantha Eggar, serta Diane Sawyer, yang saat itu menjadi staf Gedung Putih dan kemudian menjadi pembawa berita ABC News.

Namun, mereka yang mengenalnya mengatakan bahwa citra playboy tersebut sebagian besar merupakan kreasi media.

7. Pernah Ditunjuk Komisi Penyelidikan Serangan 11 September

10 Fakta Menarik Henry Kissinger, Salah Satunya Dikenal Playboy

Foto/Reuters

Kissinger terakhir kali bekerja di pemerintahan kepresidenan pada tahun 1977 namun ia tetap menjalin hubungan dengan George W. Bush.

Presiden saat itu memilih Kissinger untuk memimpin komisi yang menyelidiki serangan 11 September 2001, namun dia mengundurkan diri karena dia tidak ingin mengungkapkan nama klien dari bisnis konsultasinya.

8. Ikut Mengatur Kudeta di Argentina

Militer Argentina percaya bahwa Kissinger telah memberi mereka lampu hijau untuk melakukan "perang kotor" melawan pembangkang sayap kiri, menurut dokumen yang kemudian dirahasiakan. Dia mengatakan militer harus diberi semangat pada saat kudeta tahun 1976 dan kemudian memuji mereka karena memusnahkan “kekuatan teroris.”

9. Masih Sering Memberikan Kejutan

Dia tetap aktif hingga usia lanjut, menghadiri pertemuan di Gedung Putih, menerbitkan buku tentang kepemimpinan, dan memberikan kesaksian di depan komite Senat tentang ancaman nuklir Korea Utara.

Pada Juli 2023, ia melakukan kunjungan mendadak ke Beijing untuk bertemu dengan Presiden China Xi Jinping.

10. Kerap Mendapatkan Pujian

Ketika penghormatan mengalir dari seluruh dunia, Beijing menyebutnya sebagai “teman lama rakyat China” yang memberikan kontribusi bersejarah dalam menormalisasi hubungan antara kedua negara.

Presiden Rusia Vladimir Putin memuji Kissinger sebagai "negarawan yang bijaksana dan berpandangan jauh ke depan". Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pertemuannya dengan Kissinger memberikan "kelas master dalam kenegarawanan."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)