10 Bahasa Resmi UNESCO, Ada Indonesia yang Makin Diakui Dunia

Rabu, 29 November 2023 - 12:01 WIB
loading...
A A A
Bahasa Portugis juga merupakan bahasa resmi dari Portugal, Brasil, Angola, dan Mozambik.

10. Bahasa Indonesia


Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi UNESCO yang kesepuluh. Bahasa Indonesia adalah bahasa ibu dari sekitar 275 juta orang di dunia, dan merupakan bahasa kedua dari sekitar 100 juta orang.

Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa yang populer di Timor Leste.

Dari 10 bahasa tersebut, enam bahasa pertama adalah bahasa resmi PBB. Empat bahasa terakhir adalah bahasa negara anggota UNESCO yang diajukan untuk menjadi bahasa resmi UNESCO.

Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa resmi UNESCO pada tanggal 20 November 2023. Usulan Indonesia untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi UNESCO diajukan pada tahun 2020.

Pengakuan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi UNESCO merupakan tonggak sejarah bagi Indonesia. Hal ini menunjukkan bahasa Indonesia telah diakui secara internasional sebagai bahasa yang penting dan memiliki peran yang strategis dalam dunia pendidikan, sains, dan kebudayaan.

Berikut adalah beberapa manfaat dari pengakuan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi UNESCO: Meningkatkan citra dan reputasi Indonesia di dunia internasional; Memperkuat posisi Indonesia dalam dunia pendidikan, sains, dan kebudayaan; Mendorong perkembangan bahasa dan budaya Indonesia; Memperluas akses masyarakat Indonesia terhadap informasi dan pengetahuan internasional.

Dengan ditetapkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi UNESCO, maka bahasa Indonesia memiliki peran yang lebih penting dalam dunia internasional.

Bahasa Indonesia akan lebih banyak digunakan dalam pertemuan-pertemuan internasional, dokumen-dokumen resmi, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang diselenggarakan oleh UNESCO.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)