7 Tokoh Kunci di Lingkaran Rezim Kim Jong-un Penguasa Korut

Sabtu, 02 Desember 2017 - 04:52 WIB
7 Tokoh Kunci di Lingkaran Rezim Kim Jong-un Penguasa Korut
7 Tokoh Kunci di Lingkaran Rezim Kim Jong-un Penguasa Korut
A A A
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) kembali jadi sorotan dunia setelah sukses menguji tembak rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-15 yang diklaim mampu membawa hulu ledak nuklir ke daratan Amerika Serikat (AS). Sosok pemimpin Korut Kim Jong-un pun menjadi pusat perhatian.

Di era kepemimpinan diktator muda berusia 30-an tahun itu, program rudal dan senjata nuklir Pyongyng maju pesat meski dihantam sanksi ekonomi yang luar biasa dari Amerika Serikat (AS) dan banyak negara.

Namun, Kim Jong-un bukan pemain tunggal yang menjalankan rezim Korut. Setidaknya, ada enam tokoh kunci lain yang ikut andil menjalankan pemerintahan komunis di Korea ini.

Kim Jong-un

Kim Jong-un adalah pemimpin tertinggi Korea Utara yang mulai berkuasa setelah ayahnya, Kim Jong-il, meninggal pada tahun 2011. Ibunya, Ko Young-hee, adalah seorang penyanyi opera yang meninggal pada tahun 2004.

Secara keseluruhan, hanya sedikit yang diketahui tentang sosok diktator berusia 33 tahun ini. Michael Madden, Direktur dari North Korea Leadership Watch dan peneliti US-Korea Institute di Johns Hopkins SAIS, kepada Fox News, megatakan, Kim Jong-un belajar di Swiss sebelum kembali ke Korea Utara untuk belajar di Universitas Militer Kim il-Sung pada pertengahan tahun 2000-an. Nama kampus yang terletak di Pyongyang ini diambil dari nama kakek Kim Jong-un.

”Kami tidak tahu banyak tentang dia (Kim Jong-un),” kata Madden. ”Tapi kami punya foto bagus yang cukup,” ujarnya.

Berlawanan dengan yang dikenal di kalangan umum, menurut Madden, pemimpin Korea Utara ini memiliki kepribadian berkepala dingin. ”Dia mendapatkan lebih banyak kekuatan dengan bersikap tenang dan tenang, saat lawan bersikap reaktif,” kata Madden.

Sejak usia dini, ibu Kim memposisikan anaknya untuk menjadi pengganti suaminya. Dia mendorong Kim Jong-un untuk sekolah militer. Menurut Madden, di sekolah itu Kim diajari oleh pejabat tinggi Korea Utara di bidang artileri. Sekolah itu telah memposisikannya untuk menjadi pesaing utama.

Mengenai program rudal yang terkenal dari pemimpin Korut, Madden mengatakan Kim Jong-un melihat program rudal seperti tim olahraga. Dengan kata lain, tim olahraga tidak memenangkan setiap pertandingan, namun belajar dari kerugiannya.

Kim Yo Jong
7 Tokoh Kunci di Lingkaran Rezim Kim Jong-un Penguasa Korut
Foto/REUTERS
Kim Yo Jong adalah adik Kim Jong Un. Perempuan yang mendapat julukan “Princess of Pyongyang” ini berusia 30 tahun. Menurut Madden, perempuan ini dikenal berkepribadian tomboy dan menyenangkan.

Seperti kakaknya, dia juga bersekolah di Swiss pada usia muda, di mana dia pernah digambarkan sebagai sosok yang dilindungi oleh kepala sekolah.

Meskipun masyarakat Korut konservatif dan patriarki, Madden berpendapat bahwa Kim Yo Jong dapat dengan mudah berhasil membuat kakaknya tundak suatu hari nanti.

”Kim Yo Jong memiliki portofolio kebijakan yang lebih besar (daripada saudaranya), dan lebih hebat dari yang kita lihat padanya,” kata Madden.

Pada bulan Oktober, Kim Jong-un mempromosikan adiknya ini ke sebuah badan pembuat keputusan teratas, menggantikan bibinya sebagai Politbiro Partai Buruh. “Dia juga berperan sebagai salah satu pembantu terdekat Kim Jong-un,” kata Madden. ”Mengatur jadwal kakaknya, pengawalnya dan pertemuannya.”

“Seperti kata pepatah, dia adalah ‘tangan besi dengan sarung tangan beludru’,” imbuh Madden.

Kim Sul Song

Kim Sul Song adalah saudara Kim Jong-un dan saudara kandung Kim Yo Jong. Menurut Madden, Kim Sul Song, 43, adalah satu-satunya anak perempuan dari “pernikahan resmi” ayahnya.

Kim Jong-il menjalani poligami, tapi istri resminya—hasil perjodohan oleh sang ayah—adalah Kim Yong Suk. Kim Yong Suk adalah ibu Kim Sul Song.

“Sul Song, adalah wanita yang sangat kuat, yang merupakan bagian dari kelompok kepemimpinan rezim pada satu waktu. Sampai sekarang, bagaimanapun, tidak jelas apakah dia dipasangkan atau bekerja di belakang layar,” kata Madden.

Sul Song pernah menjabat sebagai juru bahasa dan pembantu dekat ayahnya. Dia dilaporkan mengelola logistik perjalanan sang ayah sampai sekitar tahun 2008.

Kim Kyong Hui

Dia juga dikenal sebagai “Madam Kim”. Kim Kyong Hui adalah bibi Kim Jong Un, dan saudara perempuan mendiang ayah pemimpin Korut tersebut.

Madden menggambarkannya sebagai "wanita yang sangat kuat." Saat ini, di usianya yang sudah 70-an tahun, kondisi kesehatannya mulai goyah.

Kyong Hui pernah menjadi direktur industri penerbangan negara tersebut. Madam Kim pernah bertugas sebagai ajudan terdekat ayah Kim Jong-un. Dia bertanggung jawab atas urusan internasional Partai Buruh.

Menurut Madden, dia pernah memimpin pembicaraan dengan Israel pada 1990-an ketika negara tersebut mendekati Korea Utara untuk membeli program nuklirnya guna melindungi diri dari Iran.

Madam Kim pernah menikah dengan Jang Song Thaek, paman Kim Jong-un yang dieksekusi pada tahun 2013 karena dilaporkan merencanakan kudeta militer.

”Orang yang dekat dengannya naik statusnya dalam rezim,” ujar Madden.

Kim Jong Chol

Kim Jong Chol, 35, adalah saudara tiri Kim Jong-un. Berbeda dengan kerabatnya, Jong Chol tidak memiliki kepentingan dalam politik di negaranya. Sebagai gantinya, menurut Madden, dia berperan sebagai penulis yang kontribusi bagi beberapa publikasi yang dikelola oleh pemerintah Korea Utara.

Dia dilaporkan lebih tertarik pada musik dan film dan merupakan pengagum penyanyi Eric Clapton. Menurut Madden, dia juga memiliki masalah kesehatan, namun tidak jelas kondisinya.

Kim Jong Sik

Tidak banyak yang diketahui tentang Kim Jong Sik, yang diperkirakan berusia 50-an tahun. Dia dianggap sebagai ilmuwan di balik banyaknya keberhasilan dalam program rudal Korea Utara.

Dalam wawancara sebelumnya dengan Fox News, Madden mengatakan bahwa Jong Sik dipecat oleh Kim Jong-un dengan alasan tak jelas. Jong Sik pertama kali muncul dan jadi perhatian publik setelah dia berhasil meluncurkan roket Unha-3 pada tahun 2012.

“Jong Sik menjadi terkenal dengan memperbaiki dan mengidentifikasi kesalahan saat mengembangkan rudal,” kata Madden pada bulan September.

Madden mengatakan bahwa Jong Sik memegang gelar “wakil direktur”, sebuah gelar yang memiliki kekuatan lebih besar daripada beberapa pejabat senior. Jong Sik juga memiliki beberapa personel dan kekuatan pembuatan kebijakan.

“Kim Jong Sik adalah seseorang yang mungkin akan lebih tinggi di Korea Utara—pada titik tertentu—berdasarkan lintasan kariernya,” kata Madden.

Ri Sol Ju
7 Tokoh Kunci di Lingkaran Rezim Kim Jong-un Penguasa Korut
Foto/REUTERS
Dia adalah istri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Dia diposisikan sebagai First Lady Korut.

“Sol Ju tidak tentu jadi wanita yang kuat, tapi dapat mempengaruhi pendapat dan tindakannya (Kim Jong-un)," kata Madden.”Negara tersebut benar-benar memposisikannya sebagai Ibu Negara,” ujarnya.

“Dia melembutkan citranya,” ujar Madden.

Ayah Sol Ju adalah seorang komandan di angkatan udara Korea Utara. Pernikahannya dengan Kim Jong-un adalah hasil perjodohan yang dilakukan oleh sang Madam Kim.

Selain itu, Sol Ju pernah menjadi pemandu sorak dan penyanyi.

Choe Ryong Hae

Meskipun tidak terkait dengan keluarga Kim, Choe Ryong Hae, yang dilaporkan berusia akhir 60-an tahun, baru-baru ini dipromosikan menjadi Direktur Organisasi dan Departemen Bimbingan Negara.

Departemen itu, menurut Madden, pada dasarnya adalah agen sumber daya manusia yang dimuliakan. Departemen tersebu tengatur anggota partai dan menentukan di mana warga Korea Utara bekerja.

Selain itu, departemen tersebut juga menjadi “mata-mata” bagi populasi Korea Utara. ”Statusnya selalu dipertanyakan dalam keluarga Kim, dan dia memiliki banyak pekerjaan. Tapi dia agak santun,” ujar Madden.

Ayah Ryong Hae adalah seorang menteri pertahanan di tahun 70-an dan 80-an. Dia dilaporkan memiliki hubungan baik dengan Madam Kim.

Pada 1990-an, menurut Madden, Ryong Hae menghilang dari pandangan publik dan dituduh melakukan korupsi karena secara tidak sah mengekspor logam bekas ke China. Tapi menurut Madden, Madam Kim berbuat sesuatu yang membuatnya terhindar dari eksekusi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3873 seconds (0.1#10.140)