PM Korsel: Korut Siap Uji Coba Senjata Nuklir

Rabu, 14 Desember 2022 - 23:42 WIB
loading...
PM Korsel: Korut Siap Uji Coba Senjata Nuklir
PM Korsel memperingatkan bahwa Korut siap melakukan uji coba senjata nuklir. Foto/Ilustrasi
A A A
SEOUL - Perdana Menteri (PM) Korea Selatan (Korsel), Han Duck-soo mengatakan, Korea Utara (Korut) siap untuk menguji senjata nuklir dan kemungkinan akan melakukannya. Pernyataan itu muncul di tengah ketegangan Semenanjung Korea selama beberapa tahun.

Berbicara secara eksklusif kepada Sky News, Han Duck-soo mengatakan bahwa meskipun sulit untuk mengetahui secara pasti kapan tes akan dilakukan, namun Seoul menyimpulkan bahwa Pyongyang sudah siap.

"Kami selalu memiliki persiapan untuk tindakan yang sangat tidak diinginkan seperti itu," kata Perdana Menteri Han.

"Kami tidak dapat mengatakan pada saat ini tanggapan seperti apa yang akan dibuat," sambungnya.

"Tapi jelas kami ingin memiliki semacam kemampuan pencegahan yang diperluas, termasuk semua jenis opsi," imbuhnya seperti dilansir dari Sky News, Rabu (14/12/2022).



Korea Selatan memiliki presiden yang relatif baru dan pemerintahan yang relatif baru. Yoon Suk-yeol yang terpilih pada bulan Maret dan menjanjikan pendekatan yang lebih hawkish ke Korea Utara (Korut).

Pemerintahannya dituduh menyia-nyiakan beberapa kemajuan yang dibuat oleh pemerintahan sebelumnya, di mana dialog antara kedua negara telah meningkat.

Ini adalah kritik yang sepenuhnya ditolak oleh Han.

"Anda dapat menyebut penguatan kemampuan pencegahan kami sebagai 'garis yang lebih keras', tetapi itu adalah hal yang wajar bagi negara mana pun untuk meningkatkan tingkat kemandirian dalam hal keamanan," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)