7 Pelajaran Penting dari Gencatan Senjata di Gaza

Minggu, 26 November 2023 - 21:21 WIB
loading...
7 Pelajaran Penting dari Gencatan Senjata di Gaza
Genjata senjata dalam perang Gaza memiliki arti penting bagi Hamas dan Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Senjata-senjata tersebut benar-benar terdiam tepat pada pukul 7 pagi (05:00 GMT) pada hari Jumat. Peralihan dari ledakan keras ke keadaan tenang yang belum pernah terjadi di Jalur Gaza dalam tujuh minggu terakhir cukup menakutkan.

Hingga saat-saat terakhir, pasukan Israel tampaknya memanfaatkan setiap menit terakhir untuk terus melakukan pengeboman dan lawan mereka, Hamas, membalas sebanyak yang mereka bisa.

Berikut adalah 7 pelajaran penting dari gencatan senjata di Gaza.

1. Gencatan Senjata Berlangsung Lancar

7 Pelajaran Penting dari Gencatan Senjata di Gaza

Foto/Reuters

Yang membuat semua orang lega, kedua belah pihak berhenti menembak tepat pada waktunya. Tidak ada satupun tembakan yang terdengar saat para pejuang mengambil jeda yang sangat mereka butuhkan.

"Semua harapan saat ini adalah bahwa jeda tersebut akan berjalan sebagaimana mestinya dan rencana ambisius untuk gencatan senjata yang tidak mudah selama 96 jam akan dilaksanakan," kata Zoran Kusovac, pengamat geopolitik dan perang Timur Tengah, dilansir Al Jazeera.

2. Pasukan Israel Kembali ke Luar Gaza

7 Pelajaran Penting dari Gencatan Senjata di Gaza

Foto/Reuters

Sekelompok kendaraan lapis baja Israel menuju ke arah Israel, membawa pulang tentara untuk mendapatkan kesempatan pemulihan singkat.

"Mereka tidak ditembaki, jadi para kru berdiri di palka terbuka atau membiarkan diri mereka menikmati kemewahan duduk di badan baja kendaraan, berjemur di bawah sinar matahari pagi, jelas-jelas mempercayai jeda tersebut dan tidak menunjukkan tanda-tanda kecemasan atau ketakutan. Banyak yang tersenyum, menunjukkan kelegaan karena rencana tersebut tampaknya berhasil," kata Kusovac.


3. Pejuang Palestina Berkumpul Bersama Anggota Keluarga

Pejuang Palestina juga menuju ke luar.

"Banyak di antara mereka yang berganti pakaian sipil dan bergegas ke selatan untuk menemui anggota keluarga mereka dan memeriksa siapa saja yang selamat dari pemboman hebat dan penembakan tanpa pandang bulu," ujar Kusovac.

4. Bantuan Kemanusiaan Masuk ke Gaza.

Lembaga-lembaga bantuan tidak menyia-nyiakan waktu sedetik pun, truk-truk pertama yang membawa perbekalan yang sangat dibutuhkan melintasi pos pemeriksaan Rafah dari Mesir beberapa menit setelah Zero Hour.

"Seratus orang menyeberang ke Jalur Gaza pada hari pertama, dan lebih banyak lagi yang dijadwalkan," papar Kusovac.

5. Pertukaran Sandera dan Tahanan Berjalan Sesuai Kesepakatan

7 Pelajaran Penting dari Gencatan Senjata di Gaza

Foto/Reuters

Ujian nyata pertama, pertukaran 13 tawanan Israel yang ditahan oleh Hamas pada sore hari dengan 39 warga Palestina yang dipenjara di Israel, 24 perempuan dan 15 remaja laki-laki, juga berjalan lancar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)