Bagaimana Menegakkan Gencatan Senjata Israel-Hamas?

Sabtu, 25 November 2023 - 05:05 WIB
loading...
A A A
"Pertama, mereka perlu mengkonfirmasi otoritas mereka, kemudian mulai mengatur konsultasi awal, biasanya kedua belah pihak berjanji untuk menjaga keamanan tempat pertemuan yang diusulkan dan menyepakati berapa banyak negosiator dan ajudan yang akan bertemu langsung," papar Kusovac.

Saat pertama kali kedua utusan lawan bertemu adalah saat yang paling menegangkan, karena detail apa pun yang tampaknya sepele dapat menggagalkan keseluruhan kesepakatan. Siapa yang akan memberi hormat terlebih dahulu? Apa yang terjadi jika salah satu perwakilan menolak berjabat tangan dengan perwakilan lainnya? Apakah seorang perwira Israel memberi hormat militer, mengingat bagi pihak Israel, lawannya adalah “teroris”? Apa yang terjadi jika mereka tidak dapat menyepakati beberapa isu?

Dengan banyaknya potensi jebakan, kedua belah pihak seringkali lebih memilih untuk menggunakan perantara yang mereka percaya dapat membantu memperjelas masalah, meredakan ketegangan dan mengusulkan solusi yang dapat diterima bersama, sebuah pendekatan tengah jalan di mana tidak ada pihak yang bernegosiasi yang akan kehilangan muka.



"Akan membantu jika perantara mengetahui situasinya dan pernah berurusan dengan kedua belah pihak di masa lalu. Di Gaza, lembaga tersebut adalah Komite Internasional Palang Merah/Bulan Sabit Merah (ICRC)," jelas Kusovac.

Seperti yang diumumkan oleh Qatar pada hari Kamis, tawanan pertama akan dibebaskan pada hari Jumat pukul 4 sore, hanya sembilan jam setelah pertempuran seharusnya berhenti. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar rincian yang saya cantumkan di sini telah diselesaikan, dan hal ini memberikan alasan untuk optimisme yang hati-hati.

"Satu-satunya keraguan kecil dalam pikiran saya adalah kepraktisan dan kebijaksanaan memulai pertukaran warga sipil pada saat kegelapan mulai menyelimuti. Melakukan bisnis apa pun setelah matahari terbenam bukanlah ide yang baik di zona pertempuran," papar Kusovac.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)