Bagaimana Menegakkan Gencatan Senjata Israel-Hamas?

Sabtu, 25 November 2023 - 05:05 WIB
loading...
Bagaimana Menegakkan Gencatan Senjata Israel-Hamas?
Gencatan senjata Israel dan Hamas memiliki banyak kontroversi. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Jeda tersebut disetujui pada Selasa malam, diumumkan pada hari Rabu dan diperkirakan akan menghentikan perang untuk sementara pada Kamis pagi.

Namun pertempuran tidak berhenti dan malah semakin intensif.

Pengeboman udara terus berlanjut, mendukung pasukan Israel yang berusaha mendekati pusat Kota Gaza sebelum gencatan senjata.

Pejuang Hamas melakukan penyergapan untuk melumpuhkan sebanyak mungkin tank dan pengangkut personel lapis baja sebelum gencatan senjata menghentikan semua aktivitas militer selama 96 jam.

Dua hari terakhir ini mungkin merupakan hari yang paling menegangkan bagi para pejuang di kedua belah pihak sejak awal kampanye darat.

"Sejarawan militer telah banyak menulis tentang kecemasan, stres, ekspektasi, harapan, tekanan mental, dan ketakutan nyata yang dialami tentara pada jam-jam sebelum gencatan senjata atau gencatan senjata," kata Zoran Kusovac, pakar geopolitik dan perang Timur Tengah, dilansir Al Jazeera.

Dalam semua perang, di mana pun dan bagaimana pun peperangan itu terjadi, tidak ada prajurit yang ingin menjadi korban terakhir sebelum senjatanya menjadi sunyi. Saat mereka mendengar berita tentang jeda yang akan segera terjadi, reaksi alami mereka adalah bersantai, meringankan upaya, karena mereka akan segera menghentikan semua aktivitas.



Alih-alih membiarkan hal itu terjadi, para petugas mereka – yang mengikuti perintah dan tekanan dari otoritas sipil masing-masing – malah mendorong mereka untuk melanjutkan operasi satu hari lagi, dua atau tiga hari lagi. Para prajurit, yang juga merupakan komandan satuan, tidak suka harus melakukan hal tersebut, karena mereka mengetahui dampak perintah tersebut terhadap moral pasukan, namun mereka tidak dapat melanggar perintah atasan mereka.

Antisipasi yang menegangkan terhadap Zero Hour ketika mereka akan, setidaknya untuk sementara, meletakkan senjata mereka, hampir pasti merupakan saat yang paling menegangkan dalam karir militer mereka.

"Pihak berwenang sipil tentunya harus mengetahui hal ini, jadi mengapa mereka membiarkan Zero Hour turun ke jam 7 pagi pada hari Jumat, sehingga memperpanjang penderitaan tentara mereka sendiri?" ungkap Kusovac.

Beberapa di antaranya hanya pejabat sipil. Alasan yang diduga menunda jeda tersebut adalah karena perjanjian tersebut tidak ditandatangani secara resmi oleh Qatar dan Hamas, “hanya diumumkan secara resmi”. Lebih banyak birokrasi yang terlibat dalam “klarifikasi nama-nama dalam daftar orang-orang yang akan dibebaskan”. Semua hambatan yang tampaknya tidak perlu menunda dimulainya jeda.

Sejujurnya, birokrasi bukanlah satu-satunya pihak yang harus disalahkan atas lambatnya implementasi perjanjian tersebut, birokrasi merupakan pihak yang paling terlihat, namun komando militer juga tidak terburu-buru.

Agar gencatan senjata berhasil, gencatan senjata harus dibuat bisa dilaksanakan terlebih dahulu. Para politisi sepakat secara umum: “Mari kita hentikan perselisihan dan bertukar pikiran”. Kata-kata di dalamnya menjelaskan maksud dan ruang lingkupnya, namun cara untuk mengimplementasikan apa yang telah disepakati selalu berada di tangan pihak-pihak yang ada di lapangan: pihak militer.

Ini bukanlah tugas yang mudah: Petugas dari dua musuh yang berusaha membunuh satu sama lain kini harus berbicara – saat pertempuran berkecamuk.

"Saya telah melihat banyak gencatan senjata dan pertukaran tahanan, namun saya tidak ingat satu pun perjanjian politik yang ditandatangani oleh bos-bos besar dapat dilaksanakan tanpa pihak lawan di medan pertempuran membuat rinciannya, karena setan selalu ada dalam rinciannya," ujar Kusovac.

Pertama-tama, beberapa perwira dipilih untuk mempelajari perjanjian tersebut dan, dengan mengetahui situasi di medan perang, menentukan bagaimana mereka akan melaksanakannya. "Mereka perlu memutuskan rute yang layak dan aman bagi bus-bus yang menyandera dan tahanan dari satu sisi ke sisi lain, menyetujui apakah bus-bus tersebut akan memiliki pengemudi dan mungkin penjaga dari sipil atau militer, memutuskan apakah penjaga akan bersenjata atau tidak," jelas Kusovac.

Apakah mereka akan didampingi oleh tenaga medis? Pada titik manakah mereka akan dilepaskan atau dipindahkan dari satu set bus ke bus lainnya?

Apakah ada prajurit yang berpartisipasi dalam pertukaran tersebut yang menyeberang ke wilayah musuh, dan jika ya, kapan dan bagaimana mereka akan kembali? Siapa yang bertanggung jawab membersihkan jalan dari puing-puing dan ranjau dan sampai pada tahap apa? Dan masih banyak lagi permasalahan yang sulit dan rumit.

Membangun kontak pertama lebih mudah daripada kebanyakan orang berpikir: Kedua pihak saling mendengarkan komunikasi radio dan sering menggunakan saluran walkie-talkie yang sama. Pada saat-saat yang relatif tenang, mereka akan saling mengejek: membual, mengancam, menghina, meremehkan, mengumpat… Namun setelah jeda diumumkan, seseorang pasti menelepon pihak lain dan berkata: “Komandan saya ingin berbicara dengan komandan Anda tentang gencatan senjata. ”

"Pertama, mereka perlu mengkonfirmasi otoritas mereka, kemudian mulai mengatur konsultasi awal, biasanya kedua belah pihak berjanji untuk menjaga keamanan tempat pertemuan yang diusulkan dan menyepakati berapa banyak negosiator dan ajudan yang akan bertemu langsung," papar Kusovac.

Saat pertama kali kedua utusan lawan bertemu adalah saat yang paling menegangkan, karena detail apa pun yang tampaknya sepele dapat menggagalkan keseluruhan kesepakatan. Siapa yang akan memberi hormat terlebih dahulu? Apa yang terjadi jika salah satu perwakilan menolak berjabat tangan dengan perwakilan lainnya? Apakah seorang perwira Israel memberi hormat militer, mengingat bagi pihak Israel, lawannya adalah “teroris”? Apa yang terjadi jika mereka tidak dapat menyepakati beberapa isu?

Dengan banyaknya potensi jebakan, kedua belah pihak seringkali lebih memilih untuk menggunakan perantara yang mereka percaya dapat membantu memperjelas masalah, meredakan ketegangan dan mengusulkan solusi yang dapat diterima bersama, sebuah pendekatan tengah jalan di mana tidak ada pihak yang bernegosiasi yang akan kehilangan muka.



"Akan membantu jika perantara mengetahui situasinya dan pernah berurusan dengan kedua belah pihak di masa lalu. Di Gaza, lembaga tersebut adalah Komite Internasional Palang Merah/Bulan Sabit Merah (ICRC)," jelas Kusovac.

Seperti yang diumumkan oleh Qatar pada hari Kamis, tawanan pertama akan dibebaskan pada hari Jumat pukul 4 sore, hanya sembilan jam setelah pertempuran seharusnya berhenti. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar rincian yang saya cantumkan di sini telah diselesaikan, dan hal ini memberikan alasan untuk optimisme yang hati-hati.

"Satu-satunya keraguan kecil dalam pikiran saya adalah kepraktisan dan kebijaksanaan memulai pertukaran warga sipil pada saat kegelapan mulai menyelimuti. Melakukan bisnis apa pun setelah matahari terbenam bukanlah ide yang baik di zona pertempuran," papar Kusovac.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0840 seconds (0.1#10.140)