Israel Sepakat Gencatan Senjata 4 Hari, Imbalannya Hamas Bebaskan 50 Sandera

Rabu, 22 November 2023 - 09:56 WIB
loading...
A A A
Sebelum berkumpul dengan pemerintahan penuhnya, Netanyahu pada hari Selasa bertemu dengan kabinet perangnya dan kabinet keamanan nasional yang lebih luas mengenai kesepakatan tersebut.

Menjelang pengumuman perjanjian tersebut, Netanyahu mengatakan intervensi Presiden AS Joe Biden telah membantu meningkatkan perjanjian tentatif tersebut sehingga mencakup lebih banyak sandera dan lebih sedikit konsesi.

Namun Netanyahu mengatakan misi Israel yang lebih luas tidak berubah.

“Kami sedang berperang dan kami akan melanjutkan perang sampai kami mencapai semua tujuan kami. Untuk menghancurkan Hamas, kembalikan semua sandera kami dan pastikan tidak ada entitas di Gaza yang dapat mengancam Israel,” katanya di awal pertemuan pemerintah.

Jeda pertempuran ini juga akan memungkinkan bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza.

Media-media Israel termasuk Channel 12 melaporkan pembebasan sandera pertama diperkirakan terjadi pada hari Kamis. Penerapan kesepakatan tersebut harus menunggu selama 24 jam untuk memberikan kesempatan kepada warga Israel untuk meminta Mahkamah Agung memblokir pembebasan tahanan Palestina.

Hamas hingga saat ini hanya membebaskan empat tawanan: warga AS Judith Raanan (59) dan putrinya; Natalie Raanan (17), pada 20 Oktober, dengan alasan kemanusiaan, dan perempuan Israel Nurit Cooper (79), dan Yocheved Lifshitz (85), pada 23 Oktober.

Kelompok militan Palestina, Jihad Islam, yang berpartisipasi dalam serangan 7 Oktober dengan Hamas, mengatakan pada Selasa malam bahwa salah satu sandera Israel yang mereka tawan sejak serangan 7 Oktober terhadap Israel telah tewas.

“Kami sebelumnya menyatakan kesediaan kami untuk melepaskannya karena alasan kemanusiaan, namun musuh mengulur waktu, dan hal ini menyebabkan kematiannya,” kata Brigade Al-Quds, sayap militer Jihad Islam Palestina, di saluran Telegramnya.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)