Bajak Kapal Zionis, Houthi: Kapal-kapal Israel Adalah Target Sah

Selasa, 21 November 2023 - 17:20 WIB
loading...
A A A
“Kami telah berulang kali mengumumkan bahwa kelompok perlawanan di kawasan mewakili negara mereka dan membuat keputusan serta bertindak berdasarkan kepentingan negara mereka,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanani.

Garis pantai Yaman menghadap Selat Bab al-Mandab – jalur sempit antara Yaman dan Djibouti di kaki Laut Merah – yang merupakan salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia, dan membawa sekitar seperlima konsumsi minyak global.

“Ancaman gangguan terhadap pelayaran di wilayah yang lebih luas kemungkinan akan meningkat,” kata Torbjorn Soltvedt dari firma intelijen risiko Verisk Maplecroft kepada AFP.

“Jika masalah keamanan memaksa perusahaan pelayaran menghindari Selat Bab al-Mandab, akibatnya adalah biaya yang jauh lebih tinggi karena kurangnya rute alternatif,” terangnya.

Mohammed al-Basha, analis senior Timur Tengah untuk Navanti Group yang berbasis di AS mengatakan kegagalan peluncuran rudal dan drone Houthi untuk mencapai sasaran di Israel mungkin telah mempengaruhi keputusan untuk kembali fokus pada arena Laut Merah.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)