Mengapa Singapura Menerapkan Strategi 'Teman Semua Bukan Musuh Siapa Saja' dalam Perang Israel-Gaza?

Selasa, 21 November 2023 - 11:23 WIB
loading...
A A A
Mengekspresikan kekecewaannya atas penolakan lamarannya, Azira mengatakan dia tidak terkejut, mengingat Singapura “secara umum cukup menghindari risiko sebagai sebuah negara, dan saya memahami keinginan untuk menghindari situasi apa pun yang berpotensi menjadi tidak terkendali”.

3. Aktivisme di Media Sosial Cenderung Halus

Mengapa Singapura Menerapkan Strategi 'Teman Semua Bukan Musuh Siapa Saja' dalam Perang Israel-Gaza?

Foto/Reuters

Aktivisme Singapura cenderung lebih halus.

Di media sosial, masyarakat telah mengikuti kampanye seperti kampanye #freewatermelontoday atau gerakan #weargreenforpalestine.

Sebuah gerakan bawah tanah juga muncul di mana orang-orang muncul di stasiun kereta MRT Raffles Place dengan pakaian hijau dan berdoa untuk Palestina, sementara yang lain berfoto dengan irisan semangka, yang telah menjadi simbol solidaritas Palestina.

“Semakin banyak orang yang ingin menunjukkan solidaritas mereka terhadap rakyat Palestina, yang setiap hari mengalami kengerian yang tak terkatakan. Warga Singapura membutuhkan wadah untuk berdemonstrasi dengan aman, sah, dan kuat,” kata Azira.

Jurnalis dan aktivis lokal Kirsten Han mengungkapkan pandangan serupa dalam buletinnya We The Citizens, dengan alasan bahwa pembatasan kebebasan berekspresi dan berkumpul akan memengaruhi kemampuan warga Singapura untuk berpartisipasi dalam percakapan yang berbeda dan penting.

Menyebut peringatan dan pembatasan tersebut sebagai hal yang bersifat kekanak-kanakan, ia berkata: “Kita membutuhkan keterlibatan masyarakat sipil, diskusi yang difasilitasi dengan baik, peluang untuk mendidik diri kita sendiri dan berorganisasi dengan cara-cara tanpa kekerasan demi keadilan dan hak asasi manusia.”

Han menambahkan bahwa kemampuan untuk berkumpul dalam ruang fisik “juga bisa sangat berguna dalam membantu orang memproses kehancuran yang kita lihat di berita setiap hari.”

Sebaliknya, Tan dari SMU berargumentasi bahwa tindakan pihak berwenang adalah langkah yang bijaksana karena tindakan tersebut berpotensi “merugikan dampak terhadap kohesi dan keharmonisan sosial yang telah kita peroleh dengan susah payah”.

“Protes akan menghasilkan unggahan yang bagus di media sosial dan menimbulkan keributan, namun tidak akan menyelesaikan konflik,” katanya.

4. Tetap Memberikan Bantuan Kemanusiaan

Mengapa Singapura Menerapkan Strategi 'Teman Semua Bukan Musuh Siapa Saja' dalam Perang Israel-Gaza?

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)