Mengapa Singapura Menerapkan Strategi 'Teman Semua Bukan Musuh Siapa Saja' dalam Perang Israel-Gaza?

Selasa, 21 November 2023 - 11:23 WIB
loading...
Mengapa Singapura Menerapkan Strategi Teman Semua Bukan Musuh Siapa Saja dalam Perang Israel-Gaza?
Singapura menerapkan kebijakan yang opotunistik dalam menyikap Perang Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Sejak pecahnya perang di Gaza, negara kota kecil di Asia Tenggara, Singapura, telah mengambil sikap tidak campur tangan, yang mencerminkan kebijakan luar negerinya yang telah lama dipusatkan pada “teman bagi semua orang dan bukan musuh bagi siapa pun”.

Pada sesi khusus parlemen awal bulan ini, Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong menjelaskan bahwa “dukungan lama Singapura terhadap solusi dua negara tetap tidak berubah”, yaitu bahwa rakyat Palestina memiliki hak atas tanah air dan bahwa Israel memiliki hak untuk hidup dalam lingkungan yang aman. perbatasan.

"Singapura secara konsisten mengambil posisi berprinsip sejalan dengan hukum internasional dan mendukung perdamaian dan keamanan global," tegas Wong.

Negara ini mengecam keras serangan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan, yang menewaskan 1.200 orang dan sekitar 200 orang ditawan, sebagai “tindakan terorisme”.

Namun pihaknya juga mengutuk meningkatnya jumlah korban tewas di Gaza, dan Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya “sangat prihatin” terhadap situasi kemanusiaan di wilayah kantong yang terkepung tersebut, di mana lebih dari 13.000 orang telah terbunuh sejak pemboman Israel dimulai.

Pada akhir bulan Oktober, Singapura termasuk di antara 120 negara yang memberikan suara mendukung resolusi untuk melindungi warga sipil dan menegakkan kewajiban hukum dan kemanusiaan selama sesi darurat Majelis Umum PBB.

Berikut adalah 5 alasan Singapura menerapkan strategi 'Teman Semua Bukan Musuh Siapa Saja' dalam perang Israel-Gaza

1. Taat Hukum Internasional

Mengapa Singapura Menerapkan Strategi 'Teman Semua Bukan Musuh Siapa Saja' dalam Perang Israel-Gaza?

Foto/Reuters

"Pendekatan Singapura didasarkan pada ketaatan pada hukum internasional, khususnya kemerdekaan dan kedaulatan negara,” kata analis politik dan profesor hukum di Singapore Management University (SMU) Eugene Tan.

Tan mengatakan kepada Al Jazeera bahwa “tidak ada kontradiksi” dalam sikap warga Singapura yang berempati terhadap penderitaan rakyat Palestina dan mengambil sikap bahwa serangan terhadap Israel tidak dapat dibenarkan.

Pada saat yang sama, “juga dimungkinkan untuk mendukung hak Israel untuk mempertahankan diri dan agar Israel memanfaatkan penggunaan kekuatan untuk melindungi kepentingan sahnya, namun juga menuntut agar tanggapan Israel harus konsisten dengan aturan dan persyaratan internasional. hukum sehingga keselamatan, keamanan dan kesejahteraan warga sipil tetap terjaga,” katanya.

“Apa yang ditunjukkan oleh perdebatan di parlemen adalah bahwa warga Singapura mempunyai pandangan yang sangat kuat mengenai tragedi yang terjadi di kawasan Timur Tengah, namun tetap mencapai konsensus mengenai bagaimana Singapura dan Singapura harus merespons… Singkatnya, Singapura sangat yakin bahwa Israel dan Palestina memiliki hak untuk melakukan hal tersebut. hak untuk hidup damai, aman dan bermartabat.”

2. Tidak Ada Demonstrasi Mendukung Palestina dan Mengecam Israel

Mengapa Singapura Menerapkan Strategi 'Teman Semua Bukan Musuh Siapa Saja' dalam Perang Israel-Gaza?

Foto/Reuters

Namun, tidak seperti banyak negara di dunia, tidak ada protes publik yang mendukung Palestina atau Israel di Singapura.

Singapura – yang sebagian besar penduduknya adalah etnis China, namun juga memiliki jumlah etnis minoritas Muslim-Melayu serta etnis India yang cukup besar – telah lama memprioritaskan pelestarian kohesi sosial dan kerukunan beragama.

Negara kota ini terbentuk pada tanggal 9 Agustus 1965, setelah memisahkan diri dari Malaysia, yang menjadi “latar belakang komitmen Singapura mengenai hak untuk menentukan nasib sendiri sesuai dengan hukum internasional”, kata Tan.

Mengingat “meningkatnya kepekaan” seputar konflik terbaru ini, pemerintah Singapura, yang mengizinkan protes hanya dilakukan oleh warga negara dan hanya dilakukan di “Speakers’ Corner” di pusat kota, berpendapat bahwa tindakan pencegahan yang kuat diperlukan untuk mengelola situasi. mengutip risiko terhadap keselamatan publik serta masalah keamanan.

Pihak berwenang menolak lima permohonan untuk menggunakan Speakers’ Corner untuk acara-acara yang berkaitan dengan perang Israel-Hamas pada bulan Oktober, meskipun telah mengizinkan demonstrasi selama perang sebelumnya.

Pemerintah juga memperingatkan agar tidak memperlihatkan lambang negara asing yang berkaitan dengan konflik di depan umum dan meminta masyarakat untuk berhati-hati dalam mendukung kegiatan penggalangan dana.

“Firasat saya adalah bahwa situasi saat ini jauh lebih sensitif dan emosional dibandingkan tahun 2014, dan ini melibatkan aksi teroris oleh Hamas,” kata Tan. “Saya berpendapat bahwa tidak mengimpor barang asing hanya akan menciptakan perpecahan sosial.”

Pengurus komunitas asal Singapura, Zaris Azira, merasa tidak berdaya saat menonton berita tentang Gaza di ponselnya, ketika dia melihat video ribuan warga Malaysia meneriakkan Palestina di stadion sepak bola mereka.

Azira berusia 30 tahun itu merasa termotivasi untuk melakukan sesuatu yang lebih.

Azira mengajukan permohonan izin untuk menyelenggarakan rapat umum di Speakers’ Corner dan menemukan bahwa “minatnya melonjak”, dengan 740 orang mendaftarkan minat mereka untuk hadir dalam waktu kurang dari sehari. Dia juga mengeluarkan petisi kepada warga Singapura untuk menyerukan gencatan senjata segera di Gaza, yang dirancang berdasarkan konsultasi dengan pengamat politik lokal Walid J Abdullah. Pada 20 November, sudah ada 26.280 tanda tangan.

Mengekspresikan kekecewaannya atas penolakan lamarannya, Azira mengatakan dia tidak terkejut, mengingat Singapura “secara umum cukup menghindari risiko sebagai sebuah negara, dan saya memahami keinginan untuk menghindari situasi apa pun yang berpotensi menjadi tidak terkendali”.

3. Aktivisme di Media Sosial Cenderung Halus

Mengapa Singapura Menerapkan Strategi 'Teman Semua Bukan Musuh Siapa Saja' dalam Perang Israel-Gaza?

Foto/Reuters

Aktivisme Singapura cenderung lebih halus.

Di media sosial, masyarakat telah mengikuti kampanye seperti kampanye #freewatermelontoday atau gerakan #weargreenforpalestine.

Sebuah gerakan bawah tanah juga muncul di mana orang-orang muncul di stasiun kereta MRT Raffles Place dengan pakaian hijau dan berdoa untuk Palestina, sementara yang lain berfoto dengan irisan semangka, yang telah menjadi simbol solidaritas Palestina.

“Semakin banyak orang yang ingin menunjukkan solidaritas mereka terhadap rakyat Palestina, yang setiap hari mengalami kengerian yang tak terkatakan. Warga Singapura membutuhkan wadah untuk berdemonstrasi dengan aman, sah, dan kuat,” kata Azira.

Jurnalis dan aktivis lokal Kirsten Han mengungkapkan pandangan serupa dalam buletinnya We The Citizens, dengan alasan bahwa pembatasan kebebasan berekspresi dan berkumpul akan memengaruhi kemampuan warga Singapura untuk berpartisipasi dalam percakapan yang berbeda dan penting.

Menyebut peringatan dan pembatasan tersebut sebagai hal yang bersifat kekanak-kanakan, ia berkata: “Kita membutuhkan keterlibatan masyarakat sipil, diskusi yang difasilitasi dengan baik, peluang untuk mendidik diri kita sendiri dan berorganisasi dengan cara-cara tanpa kekerasan demi keadilan dan hak asasi manusia.”

Han menambahkan bahwa kemampuan untuk berkumpul dalam ruang fisik “juga bisa sangat berguna dalam membantu orang memproses kehancuran yang kita lihat di berita setiap hari.”

Sebaliknya, Tan dari SMU berargumentasi bahwa tindakan pihak berwenang adalah langkah yang bijaksana karena tindakan tersebut berpotensi “merugikan dampak terhadap kohesi dan keharmonisan sosial yang telah kita peroleh dengan susah payah”.

“Protes akan menghasilkan unggahan yang bagus di media sosial dan menimbulkan keributan, namun tidak akan menyelesaikan konflik,” katanya.

4. Tetap Memberikan Bantuan Kemanusiaan

Mengapa Singapura Menerapkan Strategi 'Teman Semua Bukan Musuh Siapa Saja' dalam Perang Israel-Gaza?

Foto/Reuters

Dengan tidak adanya protes publik, masyarakat sipil dan komunitas agama di Singapura malah mencurahkan upaya mereka untuk mengorganisir bantuan kemanusiaan untuk Gaza.

Pada tanggal 14 November, sekitar 6 juta dolar Singapura telah disumbangkan oleh masyarakat melalui organisasi nirlaba Rahmatan Lil Alamin Foundation (RLAF). Di tempat lain, organisasi bantuan bencana Relief Singapura telah mengeluarkan seruan mendesak untuk mendapatkan selimut, dan hingga saat ini menerima sekitar 2.500 selimut. Selimut tersebut akan dikirim ke Jalur Gaza, di mana suhu musim dingin bisa turun hingga 13C (55.4F).

“Meskipun kami menyadari adanya politik yang terlibat dalam konflik tersebut, fokus kami adalah pada kebutuhan kemanusiaan yang paling mendesak,” kata Direktur Relief Singapura, Jonathan How. “Kami tahu bahwa kelompok rentan mungkin meninggal karena kedinginan saat musim dingin mendekat di kota yang lebih mirip zona gempa. Kami berharap lebih banyak orang akan memberikan dukungan mereka dalam krisis ini.”

Pada akhirnya, dalam konteks konflik Israel-Palestina, Singapura memiliki prioritas utama keamanan nasional yang terkait langsung dengan hubungan yang stabil dengan tetangga terdekatnya, menurut Arvind Rajanthran, peneliti di Program Studi Keamanan Nasional di S Rajaratnam School of International Belajar di Universitas Teknologi Nanyang.

Negara tetangganya, Malaysia dan Indonesia cenderung reaktif. "Kelompok mayoritas yang sering mengalami atmosfer yang lebih bermuatan politik akibat antagonisme antara Israel dan Palestina”, kata Rajanthran. Kedua negara telah menyaksikan demonstrasi besar-besaran untuk mendukung Gaza.

Jadi, sangatlah penting bahwa pada Retret Pemimpin Singapura-Malaysia ke-10 yang diadakan pada tanggal 30 Oktober, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim sepakat bahwa perbedaan posisi diplomatik mereka mengenai konflik Israel-Palestina tidak boleh mempengaruhi hubungan bilateral, Rajanthran menunjukkan.

Pendekatan “sahabat untuk semua” Singapura terhadap kebijakan luar negeri tampaknya telah memungkinkan Singapura menjalin hubungan baik jangka panjang dengan Palestina dan Israel.

Pemerintah telah memberikan bantuan dan dukungan teknis yang besar kepada Otoritas Palestina, yang menguasai Tepi Barat yang diduduki, selama bertahun-tahun, dan akan terus melakukan hal tersebut, kata Wakil Perdana Menteri Wong di parlemen.

Sementara itu, Israel membantu membangun Angkatan Bersenjata Singapura pada tahun-tahun awal Singapura dan Singapura terus bekerja sama erat dengan negara tersebut di banyak bidang, termasuk di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, katanya.

Dalam pidatonya di depan parlemen, Wong mengatakan lalu lintas internet regional di situs-situs garis keras telah meningkat tiga kali lipat sejak dimulainya perang Israel-Gaza.

“Kami juga mengamati peningkatan retorika anti-Singapura, termasuk ancaman kekerasan terhadap Singapura oleh elemen ekstremis regional secara online,” katanya.

5. Islamofobia dan Anti-Semitisme juga Meningkat
Mengapa Singapura Menerapkan Strategi 'Teman Semua Bukan Musuh Siapa Saja' dalam Perang Israel-Gaza?

Foto/Reuters

"Pada bulan Oktober, polisi menerima delapan laporan mengenai pernyataan atau tindakan ofensif yang ditujukan pada orang Yahudi atau Muslim di Singapura," kata Wong. Jumlah ini sama dengan jumlah total laporan tentang perilaku anti-Yahudi atau anti-Muslim yang diterima polisi dari bulan Januari hingga September.

"Sebagai negara kecil, Singapura tidak mempunyai pilihan”selain melanjutkan kebijakan campur tangan non-negara," kata ilmuwan politik Antonio Rappa, seorang profesor di Singapore University of Social Sciences (SUSS).

Memihak Israel akan berisiko menimbulkan kebencian terhadap komunitas Muslim Singapura jika tidak diperlukan, sementara mendukung Palestina berarti mengkhianati Israel – “sekutu tak tertulis” Singapura sejak masa pemerintahan Perdana Menteri Lee Kuan Yew, kata Rappa, yang mengepalai keamanan. program studi di sekolah bisnis SUSS.

Singapura memiliki hubungan diplomatik yang erat dengan Israel sejak kemerdekaannya pada tahun 1965, sementara Indonesia, Malaysia, dan Brunei yang mayoritas penduduknya Muslim tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Tel Aviv.

Mengenai kontrol ketat yang diambil pemerintah untuk menekan demonstrasi masyarakat, Rappa menjelaskan bahwa Singapura telah beroperasi dalam iklim ketakutan selama beberapa dekade.

Mengacu pada gagasan negara garnisun, Singapura masih memiliki mentalitas “benteng” yang masih bertahan hingga saat ini, terutama sebagai negara mayoritas Tiongkok yang dikelilingi oleh negara-negara besar yang mayoritas penduduknya beragama Islam, yang mungkin “menciptakan ketegangan pada tingkat tertentu”.

“Namun, tidak bijaksana bagi kita untuk membawa masalah orang lain dan mengimpornya ke dalam negara kita dan menciptakan ketegangan dalam masyarakat. Kami tidak ingin permusuhan dan kekacauan tercipta di Singapura,” ujarnya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)