4 Pemicu Kekuasaan Junta Myanmar Terancam, dari Serangan Pemberontak dan Melemahnya Kekuatan Militer

Selasa, 21 November 2023 - 10:34 WIB
loading...
4 Pemicu Kekuasaan Junta Myanmar Terancam, dari Serangan Pemberontak dan Melemahnya Kekuatan Militer
Kekuasaan junta militer Myanmar terancam karena serangan pemberontak. Foto/Reuters
A A A
YANGON - Militer yang berkuasa di Myanmar menghadapi serangan di berbagai lini di wilayah perbatasannya ketika aliansi kelompok pemberontak etnis minoritas bergabung dengan pejuang pro-demokrasi untuk mencoba merebut wilayah dan menantang kekuasaan junta.

Selain itu, junta militer juga mendapatkan tekanan dari sesama anggota ASEAN. Hal itu mempersulit posisi junta militer Myanmar dalam menggelar diplomasi, meski mendapatkan dukungan penuh dari Rusia dan China.

Berikut adalah 4 pemicu kekuasaan junta militer Myanmar terancam.

1. Serangan Terkoordinasi Pemberontak Etnis Minoritas

Melansir Reuters, pada tanggal 27 Oktober, aliansi kelompok etnis minoritas melancarkan serangan terkoordinasi terhadap pos-pos militer di Negara Bagian Shan bagian utara yang berbatasan dengan China dan merebut beberapa kota, dalam sebuah operasi yang mereka sebut 1027, mengacu pada tanggal dimulainya serangan tersebut.

Aliansi Tiga Persaudaraan (Three Brotherhood Alliance), sebutan bagi kelompok tersebut, mengatakan tujuannya adalah "untuk melindungi kehidupan warga sipil, menegaskan hak kami untuk membela diri, mempertahankan kendali atas wilayah kami dan merespons dengan tegas serangan artileri dan serangan udara yang sedang berlangsung" oleh junta.

Badan ini juga “berdedikasi untuk memberantas kediktatoran militer yang menindas”, katanya, dan berkomitmen untuk memerangi pusat penipuan perjudian online di perbatasan Myanmar-China, yang melibatkan ribuan pekerja asing, banyak di antaranya bertentangan dengan keinginan mereka.

China, yang memiliki pengaruh signifikan di wilayah tersebut, telah mendesak diakhirinya pertempuran dan telah menekan junta untuk membubarkan bisnis gelap yang telah menjadikan banyak warga China menjadi korban penipuan, bahkan ada yang menjadi budak. Beberapa analis dan diplomat mengatakan serangan 1027 tidak mungkin terlaksana tanpa izin China.


2. Tiga Kelompok Pemberontak Bergerak Bersama

Meskipun pertempuran telah terjadi di beberapa wilayah di Myanmar sejak para jenderal merebut kekuasaan melalui kudeta tahun 2021, skala serangan baru tersebut merupakan tantangan militer terbesar terhadap pemerintahan junta, yang memperluas kekuatan junta di beberapa bidang.

Aliansi ini terdiri dari tiga kelompok dengan pengalaman tempur yang luas – Tentara Aliansi Demokratik Nasional Myanmar (MNDAA), Tentara Pembebasan Nasional Ta’ang (TNLA) dan Tentara Arakan (AA).

Yang penting, mereka juga bergabung dengan anggota pasukan pertahanan rakyat, sebuah gerakan yang terorganisir secara longgar dan didukung oleh Pemerintah Persatuan Nasional (NUG) yang sejajar dengan Myanmar. Hal ini menunjukkan adanya tingkat perencanaan dan koordinasi yang tidak terlihat sejak kudeta, dimana milisi juga membantu dengan menggagalkan upaya pasokan militer.

Serangan di Negara Bagian Shan diikuti oleh AA yang membuka front melawan militer di basisnya di Negara Bagian Rakhine, meskipun gencatan senjata telah disepakati setahun yang lalu, dengan serangan oleh pemberontak di Negara Bagian Kayah yang berbatasan dengan Thailand, dan wilayah Sagaing dan Negara Bagian Chin, yang berbatasan dengan negara bagian tersebut. India.

3. Militer Myanmar Terpuruk

Terlalu dini untuk memprediksi sejauh mana kekuasaan militer di negara lain akan terancam, kata para analis.

Para jenderal telah memerintah Myanmar selama lima dari enam dekade terakhir dan memiliki rekam jejak dalam menggabungkan kekuatan medan perang dengan strategi memecah belah dan memerintah untuk mengendalikan dari pusat dan mengendalikan pemberontakan besar di perbatasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)